Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Gaya Hidup 2024, Orang Indonesia Suka Traveling dan Nonton Konser

Kompas.com - 03/01/2024, 20:13 WIB
Dinno Baskoro,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menurut sebagian orang, gaya hidup modern bisa mencakup petualangan baru yang tak jarang melibatkan kesenangan dan memerlukan bujet lebih demi pengalaman unik. Contohnya traveling (jalan-jalan) dan menonton konser.

Sebuah studi dari Visa bertajuk Green Shoots Radar yang melibatkan 700 responden perempuan dan pria berusia 18-65 tahun menunjukkan, orang Indonesia menyukai dua aktivitas tersebut sebagai bagian dari gaya hidupnya.

Baca juga: 7 Tren Gaya Hidup Gen Z di 2023 dari Karier hingga Sustainability 

Green Shoots Radar juga memprediksi gaya hidup ini bakal terus berlanjut, bahkan menjadi tren pada ahun 2024.

Dalam hal ini, Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman mengatakan, bangkitnya traveling, khususnya untuk acara-acara musik, adalah sebuah tren gaya hidup yang positif.

"Dalam perjalanan lintas batas konsumen, kartu sebagai metode pembayaran memainkan peran penting karena menyediakan cara yang efektif dan terjamin untuk membeli tiket serta pengalaman pembayaran nirsentuh yang aman," tutur Riko lewat keterangan resmi yang Kompas.com terima, Rabu (3/1/2024).

Baca juga: Tren Aksesori 2024, dari Item Oversized hingga Tas Tangan

Studi tren gaya hidup orang Indonesia tahun 2024

Melalui studi tersebut, Visa melacak sentimen konsumen di berbagai sektor, termasuk layanan keuangan, perdagangan, dan perjalanan.

Data menunjukkan, 40 persen konsumen Indonesia yang disurvei menduduki peringkat tiga di Asia Pasifik dalam hal menghadiri konser pada tahun lalu, baik lokal maupun internasional, setelah India (45 persen) dan Vietnam (41 persen).

Menariknya, di antara para responden Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri, 44 persen di antaranya memang sengaja merencanakan perjalanan secara khusus untuk tujuan nonton konser.

Kemudian disebutkan juga kalau negara Singapura dan Malaysia muncul sebagai tujuan utama bagi para penonton konser ini.

Lebih dari itu, studi Visa juga mengungkapkan tiga tren gaya hidup modern untuk tahun 2024:

1. Traveling ke dalam dan luar negeri

Ilustrasi wisatawan di Angkor Wat, Kamboja.Dok. UNSPLASH/Norbert Braun Ilustrasi wisatawan di Angkor Wat, Kamboja.

Orang Indonesia diprediksi masih akan terus melakukan perjalanan ke dalam dan luar negeri, termasuk dengan tujuan menghadiri konser musik pada tahun 2024.

Pada periode pascapandemi, berbagai acara offline (luring), seperti konser atau pertandingan olahraga, semakin marak dan semakin banyak pula orang yang melakukan perjalanan untuk menghadirinya.

Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut pada tahun 2024, didorong oleh penampilan artis populer yang akan tampil di negara tetangga.

Konser musik adalah jenis acara yang paling populer dan diminati, lalu diikuti oleh pertunjukan teater atau musikal dan acara olahraga.

Baca juga: 5 Gaya Hidup Sehat Cegah Risiko Pneumonia pada Pasien Diabetes 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com