Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Hidup dan Perawatan Diri Bisa Perbaiki Dermatitis Atopik atau Eksim

Kompas.com - 03/12/2023, 12:39 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Eksim, terutama dermatitis atopik, dapat memiliki dampak besar pada kehidupan sehari-hari, menyebabkan gatal dan ketidaknyamanan.

Meskipun tidak bisa disembuhkan, kondisi kulit dapat diperbaiki melalui perubahan gaya hidup dan perawatan diri. Menurut dr. Anthony Fernandez, dokter kulit, perawatan diri untuk eksim melibatkan prioritas terhadap kesehatan fisik dan emosional.

Dalam menghadapi eksim, stres dapat mempengaruhi kondisi kulit dan bahkan menjadi pemicu tambahan stres. Dr. Fernandez menjelaskan, orang dengan dermatitis atopik memiliki persepsi gatal yang berbeda karena sistem saraf mereka yang sangat responsif.

Eksim juga bisa dianggap sebagai penyakit kronis yang membutuhkan penanganan seumur hidup, dan seperti penyakit kronis lainnya, eksim dampak kesehatan mental dan emosionalnya dapat sebanding dengan gejala fisik.

Oleh karena itu, dr. Fernandez mendorong praktik kesadaran sebagai bagian dari perawatan dermatitis atopik.

Penelitian tahun 2023 menunjukkan, pelatihan mindfulness dan self-compassion selama 13 minggu dapat mengurangi tingkat keparahan gejala dan meningkatkan kualitas hidup pada orang dewasa dengan eksim.

Ini mencakup peningkatan kenyamanan, kondisi mental yang lebih baik, dan efisiensi dalam tugas sehari-hari.

Baca juga: Mengenal Eksim, dari Gejala hingga Cara Mencegahnya

Meskipun eksim tidak langsung menyebabkan masalah kesehatan mental, dampaknya dapat mempengaruhi, dan praktik kesadaran dapat menjadi alat efektif untuk meningkatkan kualitas hidup.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan (sebaiknya dengan bantuan profesional kesehatan mental terlatih) untuk memanfaatkan kekuatan koneksi otak-tubuh:

Untuk memanfaatkan koneksi otak-tubuh dan mengelola eksim, Anda dapat melibatkan beberapa pendekatan, terutama dengan bantuan profesional kesehatan mental:

Terapi

Ahli kesehatan mental dapat membantu mengatasi masalah citra tubuh dan memahami dampak gejala eksim pada otak dan tubuh. Keterampilan mengatasi yang diajarkan dapat mengurangi frekuensi dan keparahan kambuh.

Kelompok pendukung

Bergabung dengan kelompok pendukung, baik tatap muka maupun online, bukan hanya tempat untuk curhat, tetapi juga mendapatkan informasi terbaru, rekomendasi produk, dan kiat-kiat hidup dari orang dengan pengalaman serupa.

Kesadaran (mindfulness)

Praktik kesadaran seperti meditasi, membuat catatan harian rasa syukur, latihan gerakan seperti yoga, dan latihan pernapasan dapat membantu fokus pada saat ini, meningkatkan koneksi dengan tubuh, lingkungan, dan pikiran.

Menenangkan diri

Hindari menggaruk dengan menenangkan diri melalui aktivitas seperti bergerak, mengubah pemandangan, atau merangsang indera lain dengan sensasi baru. Teknik relaksasi seperti mengayunkan tubuh atau menciptakan lingkungan yang menenangkan juga dapat membantu.

Baca juga: Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari Penderita Eksim

Perubahan gaya hidup untuk mengatasi eksim yang parah

Apabila kamu merasa kesulitan mengendalikan eksim dan merasa kondisinya lebih mendominasi hidup, dr. Fernandez merekomendasikan pertimbangan untuk melakukan perubahan di lima aspek berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com