Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pakai Sepatu Baru untuk Lomba Lari, Bisa Cedera

Kompas.com - 08/01/2024, 22:00 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Lomba lari bisa jadi kesempatan untuk tampil gaya, apalagi jika baru saja membeli sepatu lari baru. 

Namun, menurut pelari elite nasional Triyaningsih, memakai sepatu baru saat ikut lomba lari berisiko cedera, meskipun beberapa sepatu memang didesain untuk cepat menyesuaikan dengan kaki. Ia pun menyarankan para pelari untuk tidak mengambil risiko. 

Baca juga: Olahraga Lari Bisa Berdampak Buruk untuk Lutut, Benarkah?

"Karena kita belum tahu sejauh mana sepatu tersebut nyaman untuk digunakan," tutur Triyaningsih, dilansir dari Antara, Senin (8/1/2024).

Ia menjelaskan, kaki merupakan bagian tubuh yang paling sering mengalami tekanan dan beban. Tekanan pada kaki bisa naik hingga tiga kali lipat saat berjalan cepat atau berlari. 

Penyandang predikat "Ratu Lari Jarak Jauh Indonesia" ini menganjurkan para pelari untuk latihan berlari pakai sepatu baru minimal dua kali, dengan jarak yang akan ditempuh saat lomba. 

"Contohnya, jika lomba dengan jarak lima hingga 10 kilometer, coba sepatu tersebut selama latihan dengan jarak tersebut," tuturnya. 

Baca juga:

Beli sepatu langsung di toko

Ilustrasi olahraga untuk kesehatan jantungPEXELS/TIRACHARD KUMTANON Ilustrasi olahraga untuk kesehatan jantung

Jika gemar berlari, penting untuk mengetahui bentuk kaki guna menentukan jenis sepatu yang tepat agar bisa mengurangi beban pada kaki. Ada tiga bentuk kaki yang menurut Triyaningsih harus diperhatikan yaitu pronated (flat foot), normal, dan supinated (high arch). 

Tidak hanya itu, ia juga menganjurkan para pelari untuk membeli sepatu langsung di toko khusus. Saat membeli, mereka bisa bertanya soal fitur yang ada sesuai bentuk kaki.

"Toko yang khusus menjual sepatu biasanya memiliki alat untuk menentukan tipe sepatu yang cocok sesuai dengan tipe kaki," ucapnya. 

Baca juga: Olahraga Lari, Latihan Ideal untuk Paru-paru yang Lebih Sehat

Untuk pelari pemula, Triyaningsih menganjurkan untuk memilih sepatu dengan fitur stabilitas agar lebih dapat menyesuaikan bentuk kaki. 

Sementara itu, bila ingin meningkatkan performa lari, penting untuk memperhatikan teknologi yang ada di sepatu. 

"Bagi pelari yang ingin meningkatkan performa, teknologi pada sepatu sangat perlu dipertimbangkan, karena bisa memberikan tambahan performa sekitar 10 persen untuk lompatan," terangnya. 

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com