Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keindahan Motif Rancangan Hian Tjen di Tempat Tidur Lady Americana

Kompas.com - 11/01/2024, 14:14 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Kolaborasi cantik digagas produsen perlengkapan tidur asal Amerika Serikat, Lady Americana di awal tahun 2024.

Jenama yang terkenal sebagai bed maker premium itu menggandeng desainer kenamaan Indonesia, Hian Tjen dalam menuangkan ide kreatif dan indah dari rancangan khasnya ke dalam motif pada dua tempat tidur eksklusif.

Motif pertama berupa desain ikan koi, yang menampilkan tiga ikan dengan gelombang-gelombang kecil air yang lembut.

Ikan koi sendiri memiliki makna filosofi antara lain kemakmuran, kesuksesan, nasib baik, umur panjang, hidup bersih, dan keelokan.

Sedangkan motif kedua memiliki desain bernuansa ombak yang menggambarkan riak ombak yang repetitif dan cantik khas seni rupa Jepang.

Motif ini melambangkan ketenangan tapi penuh gairah seperti kisah cinta para pengantin baru.

Gambaran perjalanan kehidupan yang selalu dinamis itu tertuang ke dalam sentuhan embroidery (bordir) pada dua matras kasur Lady Americana dengan palet warna khasnya seperti coklat, krem dan putih memperkuat hadirnya nuansa Zen yang menjadi tema utama dari kolaborasi tersebut.

Alvin Abednego, Direktur PT Royal Abadi Sejahtera dari kantor pusat Lady Americana di Bandung, Jawa Barat mengatakan, prinsip dan filosofi Zen asal Jepang sangat erat kaitannya dengan praktik kesehatan fisik dan mental.

Terlebih perencanaan konsep ini sudah dibentuk sejak era Covid-19, konsep inilah yang menjadi landasan bagi jenama perlengkapan tidur asal AS itu untuk berkolaborasi dengan Hian Tjen dalam menghadirkan keindahan motif yang menenangkan.

Tema Zen ini pun selaras dengan komitmen Lady Americana untuk memproduksi kasur yang fokus mengutamakan kenyamanan dan kenikmatan tidur.

"Ini sudah direncanakan sejak setahun lalu. Kami sangat fokus pada kenyamanan, kesehatan dan terpikir untuk mengusung konsep Zen."

"Kami yakin dan percaya, sentuhan desainer pada kasur di rumah juga bisa menjadi ornamen yang mempercantik ruangan khususnya kamar tidur,"

Demikian kata Alvin saat ditemui Kompas.com usai peluncurannya di Main Atrium Mall Senayan City, Jakarta Selatan, Rabu, (10/1/2024).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by HIAN TJEN (@hiantjen)

Di kesempatan yang sama, Hian Tjen mengatakan kalau ini adalah kolaborasi pertamanya dengan merek furnitur atau perlengkapan tidur.

Dia mengakui, ada sejumlah tantangan yang dihadapi saat menuangkan ide kreatif ke dalam siluet kasur yang umumnya berukuran tak biasa dari desain yang biasa dia bentuk dalam wujud pakaian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com