Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Tampil Keren untuk Mereka yang Bertubuh Besar

Kompas.com - 13/01/2024, 17:17 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber DMarge

KOMPAS.com - Bila kamu memiliki perawakan besar atau gemuk, salah satu hal yang kerap menyulitkan adalah memilih busana yang pas, nyaman, dan cocok sehingga bisa tampil keren. 

Meski begitu, perlu disadari bahwa seseorang berbadan besar pun bisa tampil layaknya bintang, asal tahu bagaimana caranya.

Hal yang paling penting untuk dipahami mengenai fesyen untuk orang berbadan besar adalah bahwa kebanyakan merek yang dijual di toko tidak dirancang untuk potonganmu.

Kamu juga tidak perlu menjadikan para model yang langsing atau atletis sebagai acuan saat berbusana, karena jelas badan mereka berbeda dengan tubuhmu. 

Lalu bagaimana cara memilih dan memadupadankan pakaian agar kamu bisa tampil menarik walau tubuhmu tak ramping?

Baca juga: Memilih Warna Pakaian untuk Membuat Kita Tampak Lebih Langsing

Berikut tips untuk mereka yang bertubuh besar agar bisa tampil menarik, berani, dan terbaik.

Tips penampilan untuk orang berbadan besar

1. Gunakan tipuan visual

Kunci untuk terlihat lebih rapi dan ramping adalah dengan menggunakan tipuan visual. Hal ini bisa dilakukan lewat warna, potongan, aksesoris, cari berpakaian, atau pola.

Pertama, minimalkan luas permukaan. Artinya selalu memasukkan kemeja ke dalam celana panjang dan gunakan ikat pinggang untuk memisahkan bagian perut dari panggul.

Membuat garis vertikal adalah cara mudah lainnya - misalnya dengan menggunakan motif bergaris vertikal bukan horisontal, memilih v-neck, atau baju dengan deretan kancing - menarik fokus orang lain ke bagian tengah tubuh, bukan bagian perut, dan menekankan panjangnya, bukan lebarnya.

Gunakan warna gelap untuk menutupi area yang besar – perut, bokong, atau paha – yang tidak ingin kamu tonjolkan, dan kenakan warna yang lebih terang pada area yang lebih ramping. Hal ini akan menyembunyikan area yang kelebihan lemak dan mengalihkan fokus ke bagian lain.

Ilustrasi perempuan berbada besar Ilustrasi perempuan berbada besar

2. Kenakan pola netral dan klasik 

Untuk mencegah dirimu terlihat seperti buah raksasa, hindari warna-warna cerah yang mencolok seperti merah, ungu, hijau, kuning, dan merah muda pada kemeja dan atasanmu. 

Celana dan bawahan berwarna boleh saja, tetapi pilih warna-warna netral yang gelap untuk membuatmu tampak lebih langsing: biru tua, coklat, zaitun, hitam, dan abu-abu. 

Warna dengan nuansa gelap juga membantu menyamarkan bentuk tubuh yang besar sehingga bisa dipilih untuk kaus, jaket, dan rajutan.

Hindari pola yang besar dan ramai karena akan membuatmu tampak makin gemuk. Lebih baik pilih pola lembut dan kecil dengan warna kalem untuk memberi tekstur ringan dan ramping.

Baca juga: 5 Pilihan Warna Busana yang Bikin Tampak Langsing, Selain Hitam

3. Buat pakaian yang pas di badan

Setiap penampilan yang baik membutuhkan penjahit yang hebat. Potongan yang disesuaikan dengan bentuk tubuh bisa memperlihatkan kesan yang lebih ramping dibanding membeli pakaian jadi yang susah dicari untuk. orang berbadan besar. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com