Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2024, 19:29 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Tidur pakai makeup alias riasan wajah tanpa menghapusnya terlebih dahulu bukan saja tidak nyaman, melainkan juga menimbulkan risiko kesehatan.

Jika terlalu sering dilakukan, kebiasaan tidur pakai makeup ini dapat menyebabkan penyaan dini dan degradasi kolagen, sehingga menyebabkan munculnya masalah seprrertikulit mengendur

"Tidur pakai makeup bukan sesuatu yang baik. Pori-pori kulit kita bisa tersumbat, memicu peradangan, kusam, dan memunculkan keriput," kata dermatolog bersertifikasi badan dari berbasis di New York City, AS, Debra Wattenberg, seperti dikutip dari Everyday Health, Sabtu (13/1/2024).

Baca juga: Bisakah Hapus Makeup Pakai Tisu Basah?

Bahaya tidur pakai makeup

Lebih lanjut, berikut sejumlah risiko kesehatan di balik kebiasaan tidur pakai masker:

1. Penuaan dini

Dermatolog kosmetik dan medis tersertifikasi dari Laser & Skin Surgery Center di New York, Blair Murphy-Rose, MD menjelaskan, tidur pakai makeup bisa menyebabkan produk masuk lebih dalam ke pori-pori, mengakibatkan pori-pori membesar seiring waktu. Ini adalah salah satu tanda penuaan.

Selain itu, polusi yang terakumulasi di kulit wajah selama beraktivitas juga akan berdiam lebih lama, sehingga menyebabkan peningkatan kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Baca juga: 5 Tips Merawat Wajah Saat Musim Hujan, Tetap Pakai Sunscreen

Hal ini berkontribusi terhadap penipisan kolagen.

"Hilangnya kolagen adalah penyebab utama dari kekenduran kulit, garis-garis halus, dan kerutan," tuturnya, seperti dikutip dari Byrdie.

2. Jerawat meradang

Pernahkah kamu menyadari munculnya satu-dua jerawat atau lebih setelah membiarkan makeup terlalu lama di wajah atau bahkan membiarkannya semalaman?

Hal itu bukanlah kebetulan. Sebab, tidur pakai makeup dapat menyumbat pori-pori wajah, sehingga memicu jerawat.

Jadi, pastikan kita membersihkan wajah dari makeup, debu, maupun kotoran lainnya sebelum tidur sehingga pori-pori wajah bersih dan mencegahnya tersumbat sepanjang malam.

3. Kulit kering

Tidur pakai makeup yang dilakukan berkepanjangan juga bisa mengganggu proses pengelupasan kulit secara alami.

Hal ini menyebabkan kulit menjadi lebih kusam, kering, dan kasar.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Wajah Tampak Lebih Tua dari Usia Sebenarnya

4. Peradangan mata dan kulit irisasi

Dermatolog dari Schweiger Dermatology Group di Manhattan, AS, Sue Ann, Wee, MD menuturkan, membersihkan kulit wajah dengan lembut adalah kunci menjaga penyebaran bakteri berbahaya, virus, dan jamur.

Riasan wajah, terutama maskara, bisa menjadi sarang berkembangnya patogen berbahaya, sehingga memicu peradangan dan infeksi di sekitar maupun dalam mata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com