Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Nutrisi untuk Jaga Kesehatan Kulit, Rekomendasi Para Ahli

Kompas.com - 03/01/2024, 06:42 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain menerapkan rutinitas perawatan kulit yang sempurna, pola makan bernutrisi juga ternyata memainkan peran penting mendukung kulit yang lebih sehat.

Bahkan menurut penelitian ilmiah, beberapa nutrisi yang kita konsumsi melalui asupan sehari-hari dapat membantu kulit tampak bercahaya.

Lantas, seberapa berpengaruhnya pola makan kita terhadap kulit, dan nutrisi apa saja yang baik untuk menjaga kesehatan kulit?

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan selengkapnya dari para ahli, seperti dilansir dari laman Eating Well berikut ini.

Hubungan antara pola makan dam kesehatan kulit

Kesehatan kulit dapat menjadi cerminan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan, dan apa yang kita makan memainkan peran besar dalam penampilannya.

Makanan yang kaya nutrisi menyediakan bahan pembangun untuk sel-sel kulit yang sehat, yang dapat membantu mendukung struktur, elastisitas, serta hidrasi kulit.

Baca juga: 5 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit dari Dalam

Seorang ahli gizi berbasis nabati dan pemilik Chef Shannon Nutrition, Shannon Costello menjelaskan, kulit adalah organ terbesar kita dan membutuhkan diet seimbang yang mencakup protein yang cukup, asam lemak esensial, serta berbagai vitamin maupun mineral untuk mempertahankan struktur dan sifat pelindungnya.

"Pola makan kita mungkin juga dapat mempengaruhi gangguan kulit kronis tertentu seperti psoriasis, dermatitis atopik, dan jerawat," terangnya.

Nutrisi terbaik untuk jaga kesehatan kulit

Berikut adalah beberapa nutrisi terbaik untuk menjaga kesehatan kulit kita:

1. Kurkumin

Kurkumin adalah senyawa yang ditemukan dalam kunyit yang memberikan warna keemasan.

Senyawa ini mengandung senyawa bermanfaat yang dapat menawarkan sifat antioksidan, antiinflamasi dan antimikroba.

Penelitian terbaru juga mengindikasikan bahwa kurkumin dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk penyakit kulit.

Sebuah tinjauan tahun 2019 yang diterbitkan di Nutrients menyoroti ratusan penelitian yang menunjukkan bahwa kurkumin merupakan cara alami dan aman untuk membantu mengobati beberapa jenis dermatitis, psoriasis, dan penyembuhan luka.

Selain itu, penelitian lain yang terbatas menyebutkan potensi peningkatan kekencangan kulit, pencegahan photoaging dan peningkatan sintesis kolagen setelah penggunaan kurkumin.

Baca juga: 6 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

2. Vitamin D

Vitamin D memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit karena dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com