Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2024, 16:03 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar Kenari yang terletak di kawasan Senen, Jakarta Pusat, jadi salah satu tempat beli buku bekas di Ibu Kota. 

Diresmikan tahun 2019 lalu, sentra buku bekas di lantai 3 gedung menjual berbagai macam bacaan, mulai dari buku pelajaran hingga novel.

Baca juga: Rutin Baca Buku Baik bagi Kesehatan Mental Anak

Tidak sulit untuk sampai ke tempat ini, namun pembeli pemula bisa saja tersasar bila tidak mengetahui dengan betul lokasinya.

Cara ke Pasar Kenari

Berikut ini adalah beberapa panduan yang mungkin bisa diterapkan jika ingin berkunjung ke Pasar Kenari untuk berburu buku bekas.

1. Naik kendaraan umum

Pasar Kenari merupakan sentra buku bekas yang menjual berbagai jenis buku, mulai dari buku pelajaran, komik hingga novel.KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Pasar Kenari merupakan sentra buku bekas yang menjual berbagai jenis buku, mulai dari buku pelajaran, komik hingga novel.

Berada di Jalan Salemba Raya membuat jalanan sekitar Pasar Kenari cukup ramai. Pasalnya, area ini terdiri dari kantor, sekolah, kampus, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan yang lain.

Untuk menghindari padatnya lalu lintas, kamu dapat berkunjung ke tempat ini dengan menggunakan transportasi umum, seperti bus TransJakarta, bertarif Rp 3.500.

Di dekat Pasar Kenari terdapat dua halte TransJakarta yakni Kramat Sentiong dan Salemba UI (Universitas Indonesia). Kedua halte menawarkan pilihan koridor rute sebagai berikut.

  • 5: Kampung Melayu-Ancol
  • 5C: Cililitan-Juanda
  • 5D: Cililitan-Ancol
  • M5: PGC 2-Ancol

Bila kamu dari Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat, misalnya, kamu bisa naik bus koridor 1 (Blok M-Kota), lalu turun di Halte Kota. 

Selanjutnya, naik bus koridor 12 (Pluit-Tanjung Priok) agar bisa turun di Halte Jembatan Merah atau Halte Gunung Sahari.

Lalu naik bus koridor 5 (Kampung Melayu-Ancol) agar bisa turun di Halte Kramat Sentiong atau Halte Salemba UI.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com