Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Gerakan Senam untuk Menghilangkan Double Chin Secara Alami

Kompas.com - 17/01/2024, 20:02 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Double chin atau dagu berlipat kerap kali dianggap menganggu penampilan. Oleh sebab itu, banyak orang ingin menghilangkan double chin

Selain melalui prosedur kecantikan, seperti filler, facelift, dan bedah plastik, double chin bisa hilang secara alami dengan senam. Berikut senam untuk menghilangkan double chin secara alami. 

Baca juga:

Penyebab double chin

Sebelum membahas cara menghilangkan double chin, lebih dulu kita harus memahami penyebab double chin. 

Dokter Estetika, dr. Abelina, Dpl. AAAM, MM, MARS (MHA) menjelaskan, penyebab double chin adalah ketidakseimbangan massa dengan kulit area rahang dan dagu. Massa yang dimaksud di sini adalah tulang, otot dan lemak. 

“Bila lebar kulit lebih besar dibandingkan isinya, yaitu tulang, otot dan lemak maka akan terbentuk double chin. Jadi, double chin bukan selalu disebabkan oleh kelebihan lemak,” jelasnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (17/1/2024). 

Ilustrasi double chin. Berikut teknik senam untuk menghilangkan double chin Shutterstock/Aldarinho Ilustrasi double chin. Berikut teknik senam untuk menghilangkan double chin

Karenanya, lanjut Abelina, orang yang memiliki rahang kecil atau tirus cenderung memiliki double chin. Sebab, tidak ada tulang yang menarik kulit ke samping agar tidak berkumpul di bawah dagu.

Penyebab lainnya adalah faktor usia. Abelina menuturkan, semakin tua, maka tulang dan otot akan mengecil, serta lemak berkurang. Sedangkan kulit makin tidak elastis dan melebar (sagging). 

“Hal ini yang membuat semakin kita tua bisa menjadi muncul double chin.

Selain itu, double chin juga disebabkan oleh postur lidah menekan ke bawah, sehingga menyebabkan tulang dan otot sekitarnya turun dan mengakibatkan double chin. 

Baca juga:

Namun demikian, Abelina sangat menganjurkan pasien untuk berkonsultasi dengan dokter, alih-alih melakukan self diagnosis mengenai penyebab double chin. Sebab, ada berbagai penyebab double chin berdasarkan kondisi masing-masing pasien.

Abelina juga menegaskan bahwa double chin bisa hilang. Adapun cara menghilangkan double chin bergantung dari penyebab dan sifat tindakan yang dipilih pasien, sehingga dibutuhkan konsultasi dengan ahli. 

 “Penting untuk mengetahui dulu, apakah penyebab double chin. Intinya, sebaiknya konsul ke ahlinya lebih baik,” tuturnya. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com