Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2024, 11:12 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Bila kita mengundang teman-teman, tetangga, atau kerabat kita ke rumah, kita pasti memperisapkan suguhan dan suasana rumah agar membuat para tamu menjadi nyaman.

Entah itu dengan membersihkan rumah, menata ruang tamu, mempersiapkan makanan atau kue, hingga menyemprotkan pewangi.

Tapi itu belum cukup. Agar para tamu tidak mempergunjingkan kita di kemudian hari, kita juga perlu menghindari hal-hal tertentu yang membuat suasana tidak mengenakkan.

Para pakar etiket mencontohkan, kita tidak boleh melakukan hal-hal tertentu di depan tamu, mulai dari membersihkan pada waktu yang tidak tepat hingga membiarkan hewan peliharaan mengganggu.

Apa yang sebaiknya tidak dilakukan di depan tamu

1. Belum selesai mempersiapkan

Ilustrasi membersihkan rumah, mengepel lantai.SHUTTERSTOCK/PBXSTUDIO Ilustrasi membersihkan rumah, mengepel lantai.
Saat tamu tiba —terutama untuk pertemuan formal seperti bertemu orang tua pasangan atau menerima arisan— persiapan kita seharusnya sudah selesai pada jam yang ditentukan.

“Kita pasti ingin rumah bersih dan rapi, toilet wangi dan berkilau, makanan siap, meja sudah ditata, dan kita sudah berpakaian rapi, siap menyambut tamu,” kata Jodi RR Smith, pemilik Mannersmith Konsultasi Etiket. 

"Ini berarti kita tidak boleh masih membersihkan, menyiapkan makanan, atau belum mandi saat tamu tiba di depan pintu."

Para tamu pasti merasa tidak nyaman bila ruangannya masih dibersihkan dan ditata, sementara mereka ada di sana. Sebaliknya, tamu pun disarankan tidak datang terlalu awal agar tidak mendapati suasana canggung seperti ini.

Baca juga: Yang Diperhatikan Tamu Saat Kunjungi Rumah Kita

2. Membicarakan kekayaan, pencapaian, atau politik

Ilustrasi bergosip.Shutterstock Ilustrasi bergosip.
Politik adalah pembicaraan sensitif di Indonesia beberapa tahun belakangan. Teman, saudara, dan tetangga bisa jadi bermusuhan hanya karena perbedaan pilihan.

Karena itu, kecuali kamu mengenal tamu dan hubungannya akrab, sebaiknya hindari topik seperti politik, agama, masalah kesehatan, karir, dan kekayaan, apalagi menyombongkan apa yang kamu punya.

“Intinya, sebaiknya menghindari topik apa pun yang menyebabkan tamu merasa kesal, sedih, malu, atau minder,” kata Smith.

Sebaliknya, siapkan beberapa pembuka percakapan yang menarik. “Ngobrol tentang hobi atau minat yang sama yang dimiliki para tamu, film atau drama yang ditonton, tempat menarik di lingkunganmu, dan sejenisnya,” saran Smith.

3. Membiarkan hewan peliharaan mengganggu

Ilustrasi hewan peliharaan. Penyiksaan hewan marak dijadikan konten media sosial oleh masyarakat Indonesia.Unsplash/Tran Mau Tri Tam Ilustrasi hewan peliharaan. Penyiksaan hewan marak dijadikan konten media sosial oleh masyarakat Indonesia.
Jangan biarkan hewan peliharaan merusak acara. Ingat tidak semua orang menyukai anjing, kucing, dan hewan lain walaupun mereka terlihat lucu.

“Hewan peliharaan harus dijauhkan dari meja, terutama yang ada makanannya, dan tidak boleh menyerang tamu,” kata Smith. "Tuan rumah juga tidak boleh memberi makan hewan peliharaannya dengan tangan lalu meletakkan tangannya di dekat makanan."

Jika hewan peliharaanmu adalah tipe yang sangat aktif atau berisik, untuk sementara tempatkan di lokasi lain, bisa di kandang, halaman belakang, atau ruangan lain. Kita tentu tidak ingin mereka menciptakan kondisi yang tidak sehat atau, dalam kasus terburuk, kondisi tidak aman.

Baca juga: 5 Tipe Tamu yang Tidak Perlu Anda Undang ke Pernikahan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com