Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Depan Tamu

KOMPAS.com - Bila kita mengundang teman-teman, tetangga, atau kerabat kita ke rumah, kita pasti memperisapkan suguhan dan suasana rumah agar membuat para tamu menjadi nyaman.

Entah itu dengan membersihkan rumah, menata ruang tamu, mempersiapkan makanan atau kue, hingga menyemprotkan pewangi.

Tapi itu belum cukup. Agar para tamu tidak mempergunjingkan kita di kemudian hari, kita juga perlu menghindari hal-hal tertentu yang membuat suasana tidak mengenakkan.

Para pakar etiket mencontohkan, kita tidak boleh melakukan hal-hal tertentu di depan tamu, mulai dari membersihkan pada waktu yang tidak tepat hingga membiarkan hewan peliharaan mengganggu.

“Kita pasti ingin rumah bersih dan rapi, toilet wangi dan berkilau, makanan siap, meja sudah ditata, dan kita sudah berpakaian rapi, siap menyambut tamu,” kata Jodi RR Smith, pemilik Mannersmith Konsultasi Etiket. 

"Ini berarti kita tidak boleh masih membersihkan, menyiapkan makanan, atau belum mandi saat tamu tiba di depan pintu."

Para tamu pasti merasa tidak nyaman bila ruangannya masih dibersihkan dan ditata, sementara mereka ada di sana. Sebaliknya, tamu pun disarankan tidak datang terlalu awal agar tidak mendapati suasana canggung seperti ini.

Karena itu, kecuali kamu mengenal tamu dan hubungannya akrab, sebaiknya hindari topik seperti politik, agama, masalah kesehatan, karir, dan kekayaan, apalagi menyombongkan apa yang kamu punya.

“Intinya, sebaiknya menghindari topik apa pun yang menyebabkan tamu merasa kesal, sedih, malu, atau minder,” kata Smith.

Sebaliknya, siapkan beberapa pembuka percakapan yang menarik. “Ngobrol tentang hobi atau minat yang sama yang dimiliki para tamu, film atau drama yang ditonton, tempat menarik di lingkunganmu, dan sejenisnya,” saran Smith.

“Hewan peliharaan harus dijauhkan dari meja, terutama yang ada makanannya, dan tidak boleh menyerang tamu,” kata Smith. "Tuan rumah juga tidak boleh memberi makan hewan peliharaannya dengan tangan lalu meletakkan tangannya di dekat makanan."

Jika hewan peliharaanmu adalah tipe yang sangat aktif atau berisik, untuk sementara tempatkan di lokasi lain, bisa di kandang, halaman belakang, atau ruangan lain. Kita tentu tidak ingin mereka menciptakan kondisi yang tidak sehat atau, dalam kasus terburuk, kondisi tidak aman.

"Sekedar mengumpulkan gelas atau piring kotor masih bisa dterima. Tapi sebaiknya tunggu sampai semua tamu pulang baru mencucinya. Membersihan ruangan juga harus menunggu sampai semua orang meninggalkan rumah," kata Smith. "Fokus tuan rumah harus pada interaksi dengan tamu, bukan bersih-bersih."

Namun, jika tamu tidak kunjung pulang padahal sudah waktunya atau sudah larut, cara ini bisa dijadikan semacam kode agar tamu segera pulang.

“Jika waktu untuk mengadakan pesta atau acara disebutkan dengan jelas di undangan, dan ada tamu yang tidak kunjung pulang, maka diperbolehkan untuk mulai membersihkan rumah sebagai petunjuk kecil bahwa pesta sudah selesai,” kata Karen Thomas, pendiri Etiket Karen Thomas.

Sekali lagi, jaga agar melakukan pembersihan ringan saja —jangan langsung membereskan kursi, tikar, atau karpet selama masih ada tamu.

Jika ini yang terjadi, mungkin tamu akan tidak sabar untuk segera pergi dari situ karena merasa tidak nyaman.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/29/111256020/jangan-lakukan-5-hal-ini-di-depan-tamu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke