Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Desainer Indonesia Bakal Tampil di New York Fashion Week 24/25

Kompas.com - 02/02/2024, 06:31 WIB
Dinno Baskoro,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lima desainer fesyen Indonesia bakal tampil di pekan mode bergengsi, New York Fashion Week (NYFW) Fall Winter 2024/2025 pada 10 Februari mendatang.

NYFW merupakan satu dari empat pekan mode bergengsi dunia yang digelar bersamaan dengan digelarnya London, Paris, dan Milan Fashion Week.

Pada musim gugur dan dingin kali ini, kelima desainer Indonesia bakal tampil di panggung Indonesia Now, di FLATIRON 50th West 17th ST, 2nd Floor New York City, AS.

Baca juga:

Kelimanya adalah Alleira Batik, Jeny Tjahyawati, Hengki Kawilarang, Hendy Huang, dan Catherine Njoo.

"Pada tahun 2024, Indonesia sudah diakui sebagai 'associate' dengan image NYFW, yang artinya kehadiran group show 'Indonesia Now' semakin dikenal dan diakui oleh industri fashion khususnya di Amerika,"

Demikian kata Dina Fatimah (Eski), founder Indonesia Now untuk NYFW melalui zoom di konferensi pers Indonesia Now NYFW the shows Fall/Winter 2024- 2025 di Foo Foo Restaurant, Jakarta Selatan, Kamis (1/2/2024).

Eski menuturkan, tidak sembarang desainer bisa ikut tampil di panggung Indonesia Now.

Mereka yang terpilih dinilai memiliki lini bisnis kuat dari segi koleksi busana, ciri khas rancangan, dan kesanggupan memproduksi busana untuk dipasarkan secara global.

Baca juga:

Nantinya, jenama terpilih bakal bersaing di galeri NYFW bersamaan dengan merek-merek besar AS seperti Marc Jacobs, Thom Browne, dan lain sebagainya.

"Tak cuma pamer koleksi, ya. New York Fashion Week juga menjadi ajang fesyen bisnis Internasional khusus untuk merek, yang mana pada minggu tersebut akan ada 'fashion house' mengeluarkan koleksi baru untuk pasar ritel di tahun berikutnya," tambah Eski.

Adapun Indonesia telah mengikuti ajang ini hampir 10 tahun, dengan partisipasi baik desainer atau merek yang melakukan solo shows atau group show dengan menempatkan merek dan nama mereka di peta fesyen international.

Bawa "napas" rancangan masing-masing

Kelima desainer Indonesia yang bakal tampil di NYFW Fall Winter 2024/2025 bakal membawa "napas" dan DNA rancangan masing-masing.

Preview busana yang bakal ditampilkan di New York Fashion Week dari lima desainer Indonesia di Foo Foo Restaurant, Jakarta, Kamis (1/2/2024)KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Preview busana yang bakal ditampilkan di New York Fashion Week dari lima desainer Indonesia di Foo Foo Restaurant, Jakarta, Kamis (1/2/2024)

Beberapa di antaranya memberikan sentuhan baru ke dalam busana ready to wear yang ditampilkan. Salah satunya, desainer Hengki Kawilarang.

Laki-laki kelahiran 1978 itu sudah dua kali terpilih untuk tampil di ajang NYFW. Tahun ini, koleksi bertema "jewelery" disuguhkannya dengan nuansa baru.

Baca juga:

Hengki berkolaborasi dengan keponakannya yang sedang merambah industri fesyen untuk memberikan sentuhan khas generasi muda di rancangan busananya yang terkenal "glamor".

"Namanya desainer lawas pasti ada rasa bosan dan stuck. Kebetulan saya berkolaborasi dengan dua keponakan saya, Nabila Ayu dan Audrey Kawilarang untuk membuat desain busana dengan sentuhan playfull," kata Hengki kepada Kompas.com seusai konferensi pers. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com