Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suguhan Alleira Batik di NYFW, Ada Lukisan hingga Model Disabilitas

Kompas.com - 02/02/2024, 15:15 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Merek busana lokal, Alleira Batik menjadi salah satu yang bakal tampil di panggung Indonesia Now, New York Fashion Week, Fall Winter 24/25 pada 10 Februari mendatang.

Alleira Batik bakal menyuguhkan koleksi bertema "Fusion Attractive" yang terinspirasi dari kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Zaka Hamzah, CEO Alleira Batik mengatakan, mereka bakal menampilkan inovasi dan perkembangan tren dengan sentuhan nuansa batik dan tenun.

Adapun 10 hingga 12 looks dari koleksi ready to wear yang akan ditampilkan dan sebagian besar mengusung tema busana kasual.

"Busananya lebih menyasar ke masyarakat di New York, untuk orang-orang kantoran," kata Zaka Hamzah, CEO Alleira Batik saat ditemui Kompas.com usai konferensi pers Indonesia Now the shows NYWF FW 24/25 di Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Baca juga: Tak Cuma Mejeng, Panggung NYFW Juga untuk Desainer Kembangkan Bisnis

Setiap koleksi batik dan tenun yang ditampilkan, terdapat seni ornamen klasik motif batik yang berpadu padan di dalam rangkaian flora.

Sedangkan ragam motif tenun muncul sengaja dirancang dengan unsur kekuatan yang begitu tegas dan terlihat dari tekstur di busananya.

"Koleksi kali ini sangat mempertegas komitmen kami dalam mengangkat motif-motif khas Tanah Air yang sangat kaya agar bisa terus diminati peminatnya di dalam maupun luar negeri," lanjut Zaka.

Demi menghasilkan siluet busana yang simpel namun tetap elegan, koleksi "Fusion Attractive" hadir dalam detail simpel chic drapery dengan warna hitam, biru dan putih.

Warna tersebut sangat harmonis jika dikombinasikan dengan warna terakota, hijau dan coklat, dengan material yang lembut dan menonjolkan teksturnya.

"Tujuan kami adalah ingin mengenalkan batik Indonesia ke mancanegara dengan ciri khas warna serta inovasi pengambangan design dan motif yang eksklusif," papar Zaka.

Kolaborasi dengan dua jenama lokal

Koleksi Alleira Batik di NYFW Fall Winter 24/25KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Koleksi Alleira Batik di NYFW Fall Winter 24/25

Dalam penampilan setiap modelnya di runway NYFW Fall Winter 24/25, Alleira Batik berkolaborasi dengan dua jenama lain seperti tas lokal ENDE Indonesia dan Musume untuk alas kakinya.

ENDE sendiri didirikan pada tahun 2013 dan dikenal sebagai merek tas mewah lokal yang berdedikasi untuk menampilkan warisan budaya Indonesia sambil menawarkan koleksi tas berkualitas yang dibuat dengan cermat.

"Kami akan membawa tas dengan tema pulau di Indonesia, menggunakan bahan kulit, kombinasi songket, batik dan lain sebagainya," jelas Novita Dewi, founder dari ENDE.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com