Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Hemat Biaya Nikah agar Calon Pengantin Tak Boncos

Kompas.com - 02/02/2024, 15:45 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menikah merupakan momen sakral yang ingin dilakukan setiap orang dengan istimewa, karena (biasanya) hanya terjadi satu kali seumur hidup.

Maka dari itu, butuh persiapan yang matang untuk bisa mewujudkan pernikahan yang sesuai dengan impian. 

Hal utama yang paling esensial dalam menyiapkan pernikahan adalah budgeting. Tanpa budgeting dan dana yang cukup, pastinya pesta pernikahan tak akan bisa terlaksana dengan baik. 

Budgeting pernikahan setiap orang memang berbeda-beda, tapi kamu bisa melakukan trik-trik untuk menghemat budget pernikahanmu. 

Baca juga: Survei: Pernikahan Modern Diminati Tahun 2024

Tips menyiapkan biaya pernikahan

Bagaimana caranya? 

Siapkan budgeting satu tahun sebelum hari H pernikahan

Head of Marketing Bridestory Natasza Kurniawan saat sesi Media Tour di hari pertama Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024). KOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline Head of Marketing Bridestory Natasza Kurniawan saat sesi Media Tour di hari pertama Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024).

Menurut Head of Marketing Bridestory Natasza Kurniawan, budgeting untuk pesta pernikahan idealnya disiapkan dalam jangka waktu satu tahun sebelum hari H pernikahan. 

“Satu tahun itu paling ideal, tapi mentok banget minimal enam bulan (sebelum pesta pernikahan). Itu pun kalau enam bulan baru disiapin, udah pasti bakal keteteran, sih,” kata Natasza kepada Kompas.com, saat ditemui usai sesi Media Tour di Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024). 

Menurut perempuan yang akrab disapa Sasa itu, budgeting pernikahan harus disiapkan se-awal mungkin, bahkan ketika calon pengantin sudah mantap untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan. 

“Lebih awal lebih baik. Toh menyiapkan budgeting itu kan tujuannya agar terukur pengeluarannya untuk apa saja. Jadi semakin awal disiapkan, semakin jelas juga menyiapkan tabungan (untuk nikahan)-nya,” lanjut Sasa. 

Tentukan tanggal pernikahan dan jumlah tamu

Ilustrasi intimate wedding.UNSPLASH/ALVARO CVG Ilustrasi intimate wedding.

Usai menentukan budget, Sasa menyarankan agar calon pengantin segera menentukan tanggal pernikahan dan jumlah tamu yang akan diundang. 

Hal itu, kata Sasa, untuk mengira-ngira venue yang akan dipilih, dan untuk menentukan budget catering hingga souvenir yang akan disiapkan. 

“Kalau tanggal sudah ketemu, nanti urusan yang lain-lainnya tinggal menyesuaikan. Jumlah tamu juga penting, untuk menentukan budget keseluruhan soalnya. Pokoknya dua hal ini harus ditentukan di awal, biar enggak pusing lagi,” jelas Sasa. 

Book venue dan catering lebih awal

Bridestory Market 2024 mengusung tema tahunan yakni Floral Wonders, sehingga tampilan setiap booth-nya berhiaskan bunga ataupun pohon-pohon. KOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline Bridestory Market 2024 mengusung tema tahunan yakni Floral Wonders, sehingga tampilan setiap booth-nya berhiaskan bunga ataupun pohon-pohon.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com