Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2024, 18:00 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mempersiapkan pernikahan adalah proses yang panjang dan memakan waktu.

Untuk mempermudah proses perencanaan ini, jasa wedding planner (WP) profesional dapat dipilih untuk mempermudah proses pernikahan. 

Sudah banyak vendor-vendor pernikahan, khususnya vendor WP yang menyediakan paket all-in wedding untuk persiapan hingga hari H pernikahan calon pengantin. 

Apa saja yang biasanya disediakan WP dalam paketnya?

Staf Marketing Ohana Enterprise, Jilah Sapitri (23), wedding planner biasanya menyediakan paket all-in, yang terdiri dari tujuh item.

“Kita sediain WO (wedding organizer), venue, katering, dekorasi, gaun pengantin, MUA, dekorasi, sampai entertainment,” sebut Jilah saat ditemui Kompas.com di booth Ohana Enterprise Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024). 

Baca juga: Calon Pengantin, Simaklah Cara Pilih Wedding Organizer Terpercaya

Baca juga: Ini Bedanya Wedding Organizer dan Wedding Planner

Jilah mengatakan, Ohana Enterprise tempatnya bekerja sudah menyediakan paket itu sesuai dengan harga setiap vendor. 

“Jadi, WP memang sudah punya kenalan dari setiap vendor yang menyediakan ketujuh item itu. Tugas kami sebagai WP memang mencarikan (vendor-vendor) itu untuk calon pengantin. Tapi karena kami memang sudah bekerja sama, biasanya harga paket all-in di kami jauh lebih ‘miring’, dibanding harus cari satu-satu sendiri” tambahnya. 

Kisaran harga tak bisa “dipukul rata”

Brosur paket all-in wedding yang ditawarkan Ohana EnterpriseKOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline Brosur paket all-in wedding yang ditawarkan Ohana Enterprise

Untuk kisaran harga, kata Jilah, hal tersebut tak bisa “dipukul rata”. Pasalnya, setiap harganya harus mengikuti setiap vendor yang dipakai.

“Belum tentu yang harganya under (di bawah) Rp 100 juta selalu untuk jumlah tamu under 1.000 pax. Semuanya tergantung venue dan vendor yang dipakai. Kalau memang venue-nya di hotel atau tempat yang biasa saja, masih sangat mungkin kok dapat harga masih di kisaran Rp 100-an juta untuk 500-1000 pax,” katanya. 

Berdasarkan brosur yang Kompas.com dapatkan dari booth Ohana Enterprise, harga paket all-in wedding dimulai dari Rp 119 juta hingga Rp 243 juta. 

Namun, Jilah menegaskan, harga ini tak berlaku dalam jangka waktu yang lama. 

“Bisa saja (harga) ini berlaku hari ini, tapi bulan depan sudah enggak berlaku lagi. Kami biasanya setiap sebulan sekali update harga, karena rate harga setiap vendor itu selalu berubah-ubah seiring berjalannya waktu dalam satu tahun itu,” ujarnya. 

Jilah juga menyarankan untuk para calon pengantin menyiapkan pernikahannya dengan matang, mulai dari jauh-jauh hari. 

Sebab, harga setiap vendor akan selalu naik, terutama di bulan-bulan yang memang ramai pesta pernikahan.

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Menyiapkan Biaya Pernikahan?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com