Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2024, 06:05 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Membeli pernak pernik sepertinya sudah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat keturunan Tionghoa saat merayakan Imlek atau Tahun Baru China.

Kawasan Pecinan Glodok di Jakarta Barat menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi orang-orang untuk berburu perlengkapan Imlek.

Mulai dari hiasan seperti gantungan, lampion, aneka pakaian hingga makanan, semuanya ditawarkan dengan harga yang beragam.

Berdasarkan pantuan Kompas.com, Minggu (4/2/2024), sepanjang trotoar Jalan Pancoran di Glodok dipadati dengan para pedagang yang menjajakan pernak pernik Imlek.

Seorang pedagang bernama Nur mengungkapkan, bahwa pengunjung sudah mulai datang membeli pernak pernik Imlek setelah Tahun Baru.

Sementara itu, Boeng yang memiliki toko pernak pernik di Petak Sembilan mengatakan, ia sudah berjualan perlengkapan Imlek sejak tanggal 2 Januari 2024.

"Tapi pembelian paling ramai sih tiga sejak minggu lalu. Puncaknya terakhir hari Sabtu dan Minggu ini," terangnya.

Baca juga: Menyusuri Pecinan Glodok, Hiasan dan Pakaian Imlek Laris Diburu

Seorang pedagang tampak sedang duduk menjajakan amplop angpau di sekitar Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Minggu (4/2/2024).KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Seorang pedagang tampak sedang duduk menjajakan amplop angpau di sekitar Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Minggu (4/2/2024).

Pernak pernik Imlek yang diincar di Glodok

Meskipun ada banyak pernak pernik yang diburu oleh pengunjung yang datang ke Pecinan Glodok, namun beberapa barang ternyata cukup jadi incaran para pembeli.

Menurut Nur, gantungan dan patung adalah hiasan yang paling laris sampai minggu terakhir sebelum Imlek.

"Kalau gantungan yang kecil-kecil murah, mulai dari Rp 5.000-an. Sedangkan patung dibanderol mulai dari Rp 1 juta sampai dengan Rp 5 juta," tutur dia.

Untuk patung menurut Nur sudah banyak yang habis terjual, termasuk yang harganya Rp 5 juta. Jadi, jika pengunjung hendak membeli hiasan patung, hanya ada yang ukuran kecil dengan harga Rp 1 jutaan.

Tak jauh dari toko Boeng, seorang pedagang juga menawarkan amplop angpau dengan beragam gambar, dan hiasan yang dapat ditempel di dinding.

"Ci, boleh angpau, hiasannya," teriak sang pedagang.

Lalu, di tempat jual pernak pernik milik seorang pedagang bernama Lina, hiasan gantung dan amplop juga banyak diburu pembeli. Adapun harga amplop angpau berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 30.000.

Baca juga: Busana Imlek Mulai Diburu, Warna Merah Masih Favorit

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com