Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Sepatu Bertema Naga untuk Menyambut Tahun Baru Imlek

Kompas.com - 07/02/2024, 21:00 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Chinese New Year (CNY) atau Tahun Baru China selalu diikuti rilis berbagai produk bertema hari raya tersebut.

Nah, tahun 2024 menjadi lebih istimewa karena merupakan tahun Naga Kayu, hewan paling dihormati di China, sekaligus merupakan ikon yang menarik untuk dijadikan desain.

Untuk menyambut Sang Naga, berbagai brand alas kaki mengeluarkan seri CNY atau Lunar New Year dengan desain bergaya oriental. Berikut 6 di antaranya

1. Dr. Martens 

Dr. Martens Chinese New Year 2024 Dr. Martens Chinese New Year 2024
Merek alas kaki asal Inggris, Dr. Martens, adalah salah satu brand yang ikut merayakan “Tahun Naga” dengan koleksi terbatas.

Untuk koleksi “Year of The Dragon”, brand ini menghadirkan dua pasang alas kaki. Yang pertama adalah sepatu bot 8 lubang, dalam smooth leather warna hitam dan diberi aksen pelat logam emas dengan ukiran desain naga di bagian ujungnya. 

Fitur desain lainnya termasuk interior merah, lubang tali emas, hiasan sepatu emas, dan lidah kulit berbulu. Semua keping emas yang disematkan memiliki ukiran naga di atasnya.

Koleksi CNY kedua berupa tassel loafer yang dilapisi kulit hitam untuk eksterior dan lapisan kulit merah untuk interior. Di bagian atas sepatu ada jepit rumbai warna emas. 

Baca juga: Mengenal Loafers, Sepatu Tanpa Tali yang Bisa Dikenakan Kasual atau Resmi

2. Onitsuka Tiger

Onitsuka Tiger Chinese New Year 2024 Onitsuka Tiger Chinese New Year 2024
Dalam budaya Tiongkok, “naga” melambangkan kekuatan ilahi dan semangat oriental, sedangkan “harimau” melambangkan keberanian dan kekuatan. 

Mengambil nama mereknya, Onitsuka Tiger memadukan simbolisme harimau dan naga sebagai inspirasi desainnya. Auman harimau dan nyanyian naga, secara metaforis melambangkan hal-hal yang saling berhubungan dan merasakan satu sama lain. 

Koleksi Tahun Baru Imlek kali ini berupa sepatu seri Mexico 66, yang menggabungkan fitur sepatu latihan yang dibuat pada tahun 1961 dan desain sepatu Limber yang memulai debutnya pada tahun 1966. 

Sepatu berwarna putih dengan garis dan tali berwarna merah ini menghadirkan elemen desain modern, namun masih mempertahankan nuansa tahun 1960-an. 

3. Aldo

Aldo Chinese New Year 2024 Aldo Chinese New Year 2024
Aldo meluncurkan koleksi kapsul Tahun Baru Imlek edisi terbatas untuk merayakan Tahun Naga. Kapsul ini diciptakan melalui kerjasama dengan Owi Liunic, seorang seniman yang berbasis di Jakarta, Indonesia. 

Dengan motif naga yang dikenal sebagai pelindung dari timur dan mewakili pemberdayaan, koleksi yang diluncurkan pada tanggal 16 Januari ini bertujuan untuk mendorong mereka yang merayakan hari raya budaya ini untuk berani dan percaya diri dalam mengejar cita-cita mereka.  

Koleksi kapsul Tahun Baru Imlek menampilkan empat ilustrasi yang terinspirasi dari Tahun Naga, yang menghiasi setiap produk dalam koleksi ini. 

"Ada banyak ornamen penting yang ditemukan pada piring dan peralatan makan tradisional, jadi untuk desain ini, saya mengubah elemen-elemen tradisional ini menjadi desain yang berani dan ceria," ujar  Owi Liunic.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com