Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Membuat Kaki Nyaman Memakai Sepatu Saat Lecet

Kompas.com - 10/02/2024, 20:01 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Mengalami kaki lecet pasti tidak nyaman, apalagi bila sampai melepuh dan ada cairan menumpuk di bawah permukaan kulit. 

Sayangnya, kaki lecet mudah terjadi jika kita mengenakan sepatu yang salah ukuran, sehingga terasa sakit dan membuat kita berjalan tertatih-tatih sebagai akibatnya. 

Namun ada beberapa cara agar lecet tidak terlalu mengganggu. Berikut tujuh tips yang direkomendasikan oleh dokter untuk membuat sepatu lebih nyaman jika kamu mengalami lecet.

Cara membuat sepatu nyaman saat kaki lecet

1. Rendam dan rawat kakimu

Ilustrasi merendam kaki shutterstock Ilustrasi merendam kaki
Salah satu perawatan terbaik di rumah untuk mengatasi lecet atau lepuh adalah dengan merendam kaki yang sakit dalam air garam, kata Margaret Trevillion, MSc, ahli penyakit kaki yang berbasis di Inggris. 

Dia merekomendasikan untuk menindaklanjutinya dengan menggunakan balutan antiseptik dan steril agar kondisinya lebih nyaman saat kamu memakai sepatu lagi.

“Jika terjadi lepuh, jangan dipecah, karena dapat menyebabkan infeksi,” sarannya. "Jangan mencabut atau menarik kulit, biarkan sembuh dan rontok secara alami."

Ahli penyakit kaki mencatat bahwa tanda-tanda infeksi termasuk rasa panas, bengkak, nyeri berlebihan, dan bau. 

Baca juga: Benarkah Merendam Kaki Dengan Air Garam Baik Bagi Kesehatan?

2. Pilih alas kaki yang tepat

Ilustrasi sepatu, memakai sepatu di dalam rumah. PEXELS/KAROLINA GRABOWSKA Ilustrasi sepatu, memakai sepatu di dalam rumah.
Jika kaki melepuh, memilih alas kaki yang tepat dapat memberikan perbedaan besar pada kenyamanan kita, kata L.S. Wang, MBBS, seorang ahli bedah ortopedi dan direktur medis Klinik Ortopedi Arete. 

Kuncinya adalah menemukan sepatu yang cukup besar untuk tidak mengiritasi cedera, namun cukup pas untuk menghindari gesekan dan menyebabkan cedera baru.

“Sepatu yang terlalu ketat dapat menyebabkan gesekan sehingga menyebabkan lecet. Sepatu yang terlalu besar juga dapat menyebabkan masalah serupa. Memilih sepatu yang berukuran  tepat dapat membantu melindungi kaki dan lecet, sehingga mencegah kondisi yang lebih buruk,” jelasnya.

Mauricio Garcia, MD, seorang ahli bedah ortopedi dan manajer proyek senior untuk Hyper Arch Motion, setuju bahwa kita harus mengganti alas kaki saat pertama kali muncul tanda-tanda ketidaknyamanan.

“Jangan mencoba memaksakan rasa sakit karena lepuh bisa pecah dan akhirnya terinfeksi,” kata Garcia. "Mengganti sepatu akan menjadi solusi terbaik, tapi jika itu bukan pilihan, coba lepaskan sepatu yang menimbulkan gesekan."

Baca juga: Bagaimana Ukuran Sepatu yang Pas Untuk Kaki Anda?

3. Gunakan sol khusus

Ilustrasi insole atau sol dalam Ilustrasi insole atau sol dalam
Saat menyembuhkan lepuh, penting untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Di situlah peran sol khusus, kata Wang.

“Menggunakan sol yang dirancang khusus dapat memberikan kenyamanan dan perlindungan ekstra pada kaki. Hal ini karena sol tidak hanya memberikan bantalan tambahan tetapi juga membantu mendistribusikan tekanan ke seluruh kaki secara lebih merata."

"Menyebarkan dan memisahkan tekanan dapat mengurangi kemungkinan terbentuknya lecet. karena daerah bertekanan tinggi,” jelasnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com