Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2024, 11:39 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Dalam dunia kecantikan, maskara menjadi salah satu produk makeup yang sangat penting. Tak hanya membuat bulu mata terlihat lebih panjang dan tebal, maskara juga dapat memberikan sentuhan dramatis pada penampilan.

Namun, tahukah kamu bahwa memilih maskara yang tepat sesuai dengan warna bola mata bisa membuat perbedaan yang signifikan dalam penampilan?

Warna mata seseorang dapat memberikan indikasi tentang jenis maskara yang paling cocok untuk meningkatkan kecantikan alami. Dengan pemilihan yang tepat, kamu bisa membuat mata terlihat lebih bercahaya dan menonjol.

Baca juga:

Bagaimana memilih warna maskara yang tepat untuk berbagai warna bola mata?

Berikut adalah beberapa cara yang dilansir dari Best Life untuk memilih warna maskara yang sesuai dengan gaya dan kebutuhanmu.

Cara memilih warna maskara

1. Mata biru: Maskara coklat

biru biru

Warna coklat secara alami menyatu dengan nuansa mata biru, menciptakan tampilan yang lebih lembut dan menyelaraskan keanggunan alami.

Maskara coklat tidak hanya memberikan tampilan yang lebih hangat dan terlihat lebih alami daripada maskara hitam, tetapi juga lebih menonjolkan keunikan mata biru.

"Maskara cokelat membuat bagian putih mata terlihat lebih cerah, sehingga semakin menonjolkan warna biru pada mata," kata Audrey Boyce, ahli kecantikan dan wakil presiden operasi di Empathy First Media.

Baca juga: Apa Bedanya Eyeliner dan Maskara? Jangan Keliru

2. Mata coklat: Maskara biru

mata coklat mata coklat

Vincent Oquendo dan Stevi Christine, penata rias selebriti, setuju bahwa maskara berwarna biru navy atau biru kobalt sangat cocok untuk mata cokelat.

"Karena coklat adalah warna yang hangat, maka warna yang kontras untuk itu adalah sesuatu yang sejuk seperti biru laut," jelas Oquendo.

Christine menambahkan bahwa menggunakan maskara biru akan memberi kamu keunggulan tanpa menarik terlalu banyak perhatian, terutama jika biasanya tidak memakai banyak riasan.

3. Mata hijau: Maskara hitam

mata hijau mata hijau

Menemukan warna maskara yang bagus untuk mata hijau bisa jadi sulit, karena mata hijau adalah salah satu warna mata yang paling langka.

Itulah sebabnya para ahli merekomendasikan warna hitam.

"Untuk mata hijau, maskara hitam membuat warna mata yang cerah menjadi lebih menonjol. Warna hitam mengintensifkan warna hijau," kata Pucker.

Baca juga: 3 Tips Makeup Natural Skin Glow yang Makin Ngetren pada 2024

Namun, jika kamu menginginkan sentuhan lembut untuk tampilan siang hari, Pucker menyarankan untuk mempertimbangkan menggunakan warna charcoal atau abu-abu gelap. "Warna ini menawarkan ketegasan dengan sedikit kelembutan."

Dan untuk malam hari, Aimee Carr, penata rias dan pendiri Voodoo Makeup menyarankan untuk mempercantik tampilan dengan terlebih dahulu memakai sedikit maskara hitam.

Kemudian, menambahkan warna hijau di ujung bulu mata.

Baca juga: Simak, 7 Kesalahan yang Bikin Maskara Menggumpal di Bulu Mata

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com