Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2024, 21:11 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Apakah maskara bisa dijadikan eyeliner? Pertanyaan ini mungkin pernah muncul di pikiranmu, misalnya ketika kehabisan eyeliner dan melihat maskara punya tekstur produk yang mirip.

Alasan lainnya adalah menggunakan satu produk untuk berbagai keperluan riasan sekaligus, sehingga lebih hemat dan praktis.

Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan singkat berikut.

Baca juga:

Apakah maskara bisa dijadikan eyeliner?

Jawabannya, ya. Makeup artist, Ashleigh Ciucci, misalnya, menyebutkan bahwa menggunakan maskara sebagai eyeliner bisa menjadi alternatif praktis ketika bepergian.

"Terutama ketika bepergian atau saat kita tidak mau membawa banyak produk di kantung alat rias, karena ini "two-in-one". Sangat hebat bahwa maskara bisa dengan mudah digunakan sebagai pengganti eyeliner cair," ujarnya, seperti dikutip dari Bustle.

Sementara itu, makeup artist lainnya, Carissa Ferreri menjelaskan melalui Beauty Department bahwa trik tersebut aman bagi mata dan maskara memiliki konsistensi yang mirip dengan eyeliner krim. 

Baca juga:

Sementara itu, makeup artist dari aktris Jessica Alba, Daniel Martin melalui laman PureWow mengatakan, karena maskara secara alami lebih buram dan sedikit lebih tebal daripada eyeliner, maka produk tersebut cenderung lebih menempel pada kelopak mata dan tahan lama.

Jadi, mencoba maskara sebagai eyeliner adalah alternatif yang menarik.

Namun, daripada membuat model cat eye (mata kucing), Daniel merekomendasikan untuk mencelupkan kuas bersudut kecil ke dalam tabung maskara dan menggunakannya untuk menggambar garis tepi mata yang tajam.

Dengan menggunakan kuas bersudut kecil, mulailah menggambar eyeliner seperti biasa, yakni dari garis dalam mata.

Untuk menghasilkan riasan mata yang terkesan lebih dramatis, aplikasikan maskara di bulu mata atas dan bawah.

@kompas.lifestyle Hayoo siapa yang pernah pakai ulang bra? Eh, tapi sebenernya boleh nggak sih pakai bra dua kali? Ada yang bilang bra harus sering diganti, tapi ada juga yang bilang boleh dipakai ulang. Hmm… Daripada penasaran, yuk simak penjelasan medisnya di video ini! #bra #lifestyle ? original sound - Kompas Lifestyle
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com