Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2024, 19:43 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah kamu tidur dengan masih memakai maskara karena sudah terlalu lelah untuk menghapusnya? Kalau iya, sebaiknya jangan jadi kebiasaan.

"Membiarkan riasan mata tetap menempel bisa berbahaya (karena) meningkatkan risiko infeksi mata dan reaksi hipersensitivitas," ujar dokter kulit kosmetik dan medis bersertifikat di Laser & Skin Surgery Center of New York, Amerika Serikat, Blair Murphy-Rose, MD, dikutip dari Byrdie, Rabu (17/1/2024).

Baca juga:

Kejadian nyata maskara yang menumpuk

Salah satu contoh dampak dari maskara yang dihapus tidak bersih terjadi tahun 2018, menurut jurnal dari American Academy of Ophthalmology (AAO), Ophthalmology.

Seorang perempuan pekerja rumah tangga berusia 50 tahun di Sydney, Australia, mengeluhkan ada sesuatu yang mengganjal di matanya.

Saat diperiksa, di bawah kelopak matanya terdapat beberapa endapan kecil, bahkan ada yang sampai keluar dari kulit kelopak dan menggores bola matanya.

Baca juga: Simak, 7 Kesalahan yang Bikin Maskara Menggumpal di Bulu Mata

Sisa maskara bisa mengancam kesehatan indera penglihatan.Unsplash/Aleksandra Rupar Sisa maskara bisa mengancam kesehatan indera penglihatan.

Disebut darkly pigmented concretions (konkresi berpigmen gelap), endapan tersebut merupakan bekas maskara yang menumpuk selama 25 tahun dan tidak dibersihkan dengan benar. 

"Konkresi tersebut tertanam di konjungtiva dan masuk lebih dalam ke lapisan subkonjungtiva, tetapi Anda masih bisa melihatnya, seperti tato," kata juru bicara klinis untuk AAO dan dokter mata di Nashville, dokter Rebecca Taylor, dikutip dari Buzzfeed News.

Adapun konjungtiva merupakan selaput lendir yang menutupi mata dan bagian dalam kelopak mata. Selaput ini membantu menjaga mata tetap lembap dan terlindungi dari infeksi.

Tidak hanya itu, perempuan tersebut juga mengalami konjungtivitis folikular atau reaksi di konjungtiva akibat maskara yang mengeras.

Jika tidak segera diobati, luka di mata perempuan tersebut bisa menyebabkan infeksi serius, bahkan memengaruhi penglihatannya.

Baca juga: Cara Pilih Maskara agar Mata Bebas Iritasi

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com