Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/02/2024, 08:06 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Apakah menaruh mentimun di mata bisa menghilangkan mata panda?

Pertanyaan ini mungkin pernah muncul di pikiran, misalnya ketika kita sedang membincangkan topik perawatan kulit dengan bahan alami.

Berikut ulasan singkat untuk menjawab pertanyaan tersebut.

 Baca juga:

Apakah menaruh mentimun bisa menghilangkan mata panda?

Menaruh potongan mentimun di kedua mata memang tidak akan secara langsung menghilangkan mata panda.

Namun, perawatan ini memiliki sejumlah manfaat.

"Efek mendinginkan dari mentimun bisa mengurangi bengkak pada area mata sekaligus membantu menstimulasi aliran darah di kulit," ujar dokter kulit tersertifikasi badan, Deanne Robinson, MD, FAAD, seperti dilansir dari Real Simple.

Ia melanjutkan, mentimun juga tinggi kandungan air sehingga dapat menghidrasi kulit.

Jika diletakkan pada kulit selama beberapa menit, kulit bisa menyerap kandungan airnya sehingga garis-garis halus pun tersamarkan.

Baca juga:

Selain itu, ahli kecantikan dan pendiri EM Skin, Erica Marie Gatt mengatakan, mentimun kaya akan vitamin C dan K, yang dapat memberikan efek mencerahkan, meminimalisasi lingkar gelap di bawah mata, dan membantu menangkal kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Gatt menjelaskan, karena memberikan sensasi mendinginkan, terutama jika digunakan secara langsung setelah dikeluarkan dari kulkas, mentimun juga berfungsi sebagai vasokonstriktor, memperlambat aliran darah, sehingga dapat mengencangkan dan menghaluskan bagian bawah mata.

"Kabar baiknya, semua manfaat itu bisa kita dapatkan secara gratis jika kita menanam sendiri mentimun di kebun," kata dia.

Baca juga:

Jadi, beberapa manfaat potongan mentimun di mata antara lain untuk menghidrasi, menenangkan dan mengencangkan kulit di area mata, mengurangi bengkak, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta mencerahkan lingkar hitam di mata.

Untuk menggunakannya, cuci bersih mentimun terlebih dahulu. Kemudian, cek apakah kulit kita sensitif terhadap mentimun.

Jika aman, kita bisa meletakkan potongan mentimun yang telah didinginkan selama sekitar 30 menit ke mata. Durasinya sekitar 10 menit

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com