Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Perawatan Rambut Setelah Smoothing agar Awet dan Tetap Sehat

Kompas.com - 19/02/2024, 10:29 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Smoothing rambut merupakan salah satu metode pelurusan rambut dengan menggunakan bahan kimia, agar hasilnya bisa bertahan lebih lama dibanding hanya melakukan catok rambut. 

Namun, rambut yang telah di-smoothing harus dirawat secara khusus agar hasilnya bisa tahan lama dan rambut tak mudah rusak. Pasalnya, obat kimia dapat membuat batang rambut rapuh dan kering. 

Lantas, bagaimana cara perawatan yang tepat? Berikut Kompas.com rangkum 5 cara perawatan rambut yang bisa kamu lakukan di rumah, setelah melakukan smoothing. 

Baca juga: Tips Perawatan Rambut Bercabang dari Penata Rambut Internasional

Baca juga: 7 Teknik Perawatan Rambut Wanita Jepang untuk Cegah Rontok

Perawatan rambut setelah smoothing

1. Hindari langsung keramas

Setelah melakukan smoothing rambut, kamu disarankan untuk “puasa” keramas dulu selama paling tidak tiga hari. 

Tujuannya, agar obat kimia meresap dan bekerja optimal, hingga benar-benar meluruskan tiap helai rambut. 

2. Jangan pakai sampo yang mengandung sulfat

Ilustrasi keramas.FREEPIK/JCOMP Ilustrasi keramas.

Selanjutnya, kamu boleh keramas setelah tiga hari melakukan smoothing rambut. Tapi, sampo yang digunakan tak boleh sembarangan. 

Melansir Vogue India, Senin (19/2/2024), penata rambut ternama yang berbasis di Delhi, Rod Anker menganjurkan untuk menggunakan sampo yang tak mengandung sulfat. 

“Sampo apa pun yang mengandung sulfat sangat dilarang, karena sangat keras pada kulit kepala. Beralihlah ke produk bebas sulfat untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada kesehatan rambut,” ujar Rod. 

3. Lakukan hair spa setiap dua minggu sekali

Lalu, Rod juga menyarankan agar orang yang melakukan smoothing melakukan hair spa dan menggunakan masker rambut secara rutin, yakni selama dua minggu sekali. 

Dalam hal ini, dokter spesialis perawatan kulit, dr. Harshna Bijlani juga menyarankan untuk jangan terlalu sering keramas. Kalau bisa, kata Bijlani, keramas dilakukan selama dua sampai tiga hari sekali saja. 

“Lakukan pengkondisian lebih sering dengan menggunakan masker rambut. Hair spa disarankan dilakukan setiap dua minggu sekali untuk menyelamatkan rambut dari sinar matahari dan kerusakan akibat polusi,” jelas Bijlani, dilansir dari Vogue India

Baca juga: Trik Meluruskan Rambut Tanpa Pemanas

4. Lakukan deep conditioning dan pakai vitamin rambut

Perawatan rambutfreepik.com Perawatan rambut

Bijlani mengatakan, ketika rambut sudah diproses secara kimiawi, seseorang harus lebih sering melakukan deep conditioning. Sebab, rambut yang diluruskan cenderung lebih kering dan rapuh.

“Usahakan untuk menggunakan deep conditioning seminggu sekali atau setiap 10 hari. Ini dilakukan untuk mempertahankan kelembapan setelah pelurusan rambut,” tambah Bijlani. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com