Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Perawatan Rambut Bercabang dari Penata Rambut Internasional

Kompas.com - 30/11/2023, 05:25 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seringkali kita disibukkan dengan berbagai rutinitas sehari-hari. Akibatnya, perawatan rambut menjadi kurang menjadi prioritas. Padahal, hal ini dapat menyebabkan masalah rambut seperti bercabang dan patah.

Namun, tidak perlu khawatir, karena para ahli penata rambut internasional telah berbagi beberapa tips perawatan rambut bercabang yang dapat membantu memulihkan keindahan rambut.

Berikut panduan perawatan rambut bercabang yang disarankan oleh para ahli.

Luangkan waktu untuk menyisir rambut kusut

Memiliki kebiasaan mengeringkan rambut basah dengan handuk atau menyisirnya saat keadaan basah bisa menyebabkan lebih banyak rambut bercabang dan patah.

Sebagian besar kerusakan rambut terjadi saat kita menyisir rambut yang masih basah. Rambut basah cenderung lebih rapuh dibandingkan rambut kering, membuatnya lebih rentan terhadap patah.

Bahkan, mengeringkan rambut basah dengan handuk secara kasar dapat mengakibatkan kerusakan rambut. Prinsipnya adalah bersikaplah lembut pada rambut setelah mandi.

Alessandro Calvio, seorang konsultan artistik dan penata rambut internasional, memberikan saran, "Sebelum mengeringkan rambut, pastikan untuk mengeringkannya dengan handuk dan menyisir rambut yang kusut menggunakan sisir bergigi besar."

Baca juga: Kebiasaan Baik untuk Mencegah Rambut Bercabang

Keramas dengan air dingin

Ketika keramas cobalah untuk tidak menggosokan bagian ujung rambut dengan kasar. Cukup menggosok bagian kulit kepala untuk membuatnya bersih.

Calvio menyarankan untuk memijat kulit kepala untuk merangsang folikel rambut, ini akan membantu meningkatkan ketebalan rambut, yang bisa melindungi rambut dari bercabang dan patah. Gunakan bagian lembut dari jari-jari dan hindari menggunakan kuku.

Kemudian saat membilas rambut, disarankan untuk menggunakan air dingin. Langkah ini bertujuan untuk menutup kutikula rambut dan menjaga kesehatan serta kilau rambut.

Gunakan produk tanpa bilas

Seperti halnya kulit, rambut juga membutuhkan tambahan kelembapan sesekali. Meskipun sampo dan kondisioner biasa dapat membuat rambut terasa halus dan mencegah kerusakan rambut bercabang yang serius, untuk pencegahan kerusakan yang lebih efektif, kita perlu menggunakan produk yang lebih bernutrisi.

Menurut Eva Proudman, seorang Konsultan Ahli Trikologi dan Ketua Institut Ahli Trikologi, menggunakan kondisioner berkualitas tinggi akan membuat rambut tampak halus dan berkilau. Bahan-bahan seperti gliserin terbukti sangat efektif menghidrasi rambut.

Hentikan penggunaan alat panas

Alat-alat panas bisa merusak rambut secara signifikan, oleh karena itu, disarankan untuk menggunakannya sehemat mungkin.

Menurut Proudman, suhu di atas 160 hingga 180 derajat dapat merusak rambut dan menyebabkan kerusakan, serta membuat warna rambut memudar dan tampak kusam.

Untuk itu, usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan pengering rambut, dan saat melakukannya, gunakan suhu rendah serta hindari menyentuh pengering terlalu dekat dengan rambut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com