Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan di Rumah Cegah Rambut Bercabang dengan Minyak Zaitun

Kompas.com - 01/11/2023, 10:41 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Khasiat minyak zaitun dalam dunia kecantikan, pengobatan, hingga menambah kelezatan masakan, sudah dikenal sejak lama. Kita juga bisa memanfaatkannya di rumah untuk mencegah ujung rambut bercabang.

Meski belum banyak penelitian yang membahas soal manfaat minyak zaitun untuk perawatan rambut, namun kandungan di dalam minyak zaitun ini terbukti memiliki potensi manfaat kosmetik saat digunakan pada rambut.

Kandungan minyak zaitun antara lain:

  • Asam oleat

Fabio Scalia, seorang ahli kecantikan bersertifikat menyebut kandungan asam oleat yang tinggi di dalam minyak zaitun ini dapat membantu melembabkan rambut dengan cara menembus batang rambut untuk mengembalikan kelembapannya.

  • Squalane

Squalane merupakan jenis emolien yang terkenal dalam produk perawatan kulit karena kemampuannya untuk menghidrasi kulit.

 

  • Vitamin E

Kandungan vitamin E pada minyak zaitun dapat membantu melembutkan rambut dan mengurangi kusut, memberikan kesan pertumbuhan rambut yang sehat.

Efek antioksidan pada vitamin E juga dapat mendukung kesehatan kulit kepala yang dapat mendorong pertumbuhan rambut.

Baca juga: Kebiasaan Baik untuk Mencegah Rambut Bercabang

  • Oleuropein

Untuk mencegah rambut bercabang, sifat pelembab dari minyak zaitun dapat membantu memperkuat rambut dan meningkatkan elastisitasnya.

Namun, penting untuk dicatat minyak zaitun tidak dapat memperbaiki rambut yang telah bercabang.

Meskipun minyak zaitun dapat membantu menjaga kelembutan rambut dan menjaganya tetap sehat, cara terbaik untuk menangani rambut bercabang adalah dengan memotong rambut secara teratur untuk menghilangkan bagian yang rusak.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut

Jika kamu tertarik untuk mencoba minyak zaitun untuk perawatan rambut, Karan Lal, DO, Ketua Society of Pediatric Dermatology menyarankan untuk mengoleskan minyak zaitun extra virgin yang diperas dingin ke ujung rambut, bukan pada kulit kepala.

Scalia menambahkan, jumlah minyak zaitun yang dibutuhkan untuk rambut kita mungkin berbeda-beda tergantung pada jenis rambut masing-masing.

Meski begitu kita tidak perlu menggunakannya terlalu banyak. Cukup gunakan secukupnya untuk meratakan minyak ke seluruh bagian tengah rambut hingga ujungnya.

Perlu diingat minyak zaitun sulit dibersihkan, oleh karena itu Scalia merekomendasikan untuk menggunakannya sebelum keramas sebagai perawatan pelembab.

Biarkan minyak zaitun ini bekerja selama sekitar 15 menit sebelum dicuci dengan sampo dan kondisioner. Untuk pencegahan, gunakan 1-2 kali seminggu.

Baca juga: Formula Oleanolic Acid Bantu Atasi Rambut Rontok dan Kebotakan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com