Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Minyak Peppermint untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Kompas.com - 06/10/2023, 06:50 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber InStyle

KOMPAS.com - Minyak peppermint diketahui memiliki berbagai nutrisi untuk menjaga kesehatan rambut, seperti asam lemak omega-3 dan biotin.

Karena nutrisi ini juga bermanfaat bagi kulit kepala, maka memijatnya dengan minyak peppermint bisa meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala sehingga berdampak baik pula pada kesehatan rambut.

"Meskipun penelitian masih terbatas, minyak peppermint dianggap bermanfaat bagi kulit kepala dengan meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut ketika dipijat ke area tersebut," kata dokter kulit Dr Martin N. Zaiac, MD.

"Ketika kulit kepala kita lebih sehat, kesehatan rambut juga didukung, sehingga dapat meningkatkan tekstur dan pertumbuhan rambut," jelasnya.

Selain meningkatkan aliran darah, minyak peppermint juga dapat membantu mengurangi ketombe dan kekeringan.

Menurut dokter kulit  di New York, AS, Dr Marisa Garshick, MD, minyak peppermint memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang membantu memberikan manfaat bagi kesehatan kulit kepala secara keseluruhan.

Baca juga: Ketahui, Cara Menjaga Kesehatan Kulit Kepala dengan Tepat

Lebih lanjut, para ahli pun membagikan manfaat minyak peppermint untuk rambut dan cara menggunakannya, sebagaimana dikutip dari laman InStyle berikut ini.

Manfaat minyak peppermint untuk kesehatan rambut

Dr Zaiac mengatakan, minyak peppermint adalah minyak esensial yang diekstrak dari daun tanaman peppermint.

"Sebagian besar dari kita mengenal minyak peppermint karena efeknya yang menenangkan pada pencernaan ketika diminum," terangnya.

"Kita juga mengenal minyak peppermint dalam aromaterapi karena aromanya yang membangkitkan semangat, jadi kita akan sering melihatnya digunakan dalam wewangian rumah," ungkap Dr Zaiac.

Selain itu, minyak peppermint dapat digunakan secara topikal, khususnya dalam perawatan rambut, untuk membantu menyegarkan kulit kepala.

Dalam perawatan pribadi, kita biasanya melihat minyak peppermint ditambahkan ke produk rambut dalam konsentrasi kecil dan dilengkapi dengan bahan-bahan lain untuk mendukung efektivitasnya secara keseluruhan.

Menurut Dr Zaiac, ada beberapa manfaat minyak peppermint yang dapat mendukung kesehatan rambut dan vitalitas area kulit kepala, antara lain:

• Meningkatkan aliran oksigen

Memijat kulit kepala dengan minyak peppermint dapat meningkatkan sirkulasi darah yang membantu melancarkan aliran oksigen ke kulit kepala dan folikel rambut.

Oksigen memainkan peran penting dalam menjaga sel-sel kita tetap sehat dan berfungsi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com