Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 8 Tips Mengatasi Ketakutan Anak Saat Belajar Berenang

Kompas.com - 26/02/2024, 20:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian anak mungkin merasa takut saat pertama kali belajar berenang. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya kedalaman kolam renang.

Untuk itu, ketika mengajarkan anak berenang, baik orangtua maupun pelatih renang perlu memahami cara mengatasi ketakutan yang mungkin dialami.

Lebih lanjut, dokter spesialis kedokteran olahraga, Dr Listya Tresnanti Mirtha, SpKO, CCD, SubspAPK(K), MARS membagikan beberapa tips berikut ini.

Mengatasi ketakutan anak saat belajar berenang

1. Pendekatan bertahap

Dokter Listya atau yang akrab disapa dr. Tata menyarankan agar orangtua tidak memaksa anak ke dalam air jika mereka takut. Cobalah menggunakan pendekatan bertahap dan membiarkan anak mengatur kecepatan mereka sendiri.

2. Menjadikan berenang pengalaman menyenangkan

Selain itu, jadikan kegiatan berenang sebagai pengalaman yang menyenangkan. Misalnya, menggunakan mainan air, permainan, dan aktivitas menyenangkan lainnya untuk membuat pengalaman berenang menjadi positif.

Baca juga: Umur Berapa Bayi Sudah Bisa Diajarkan Berenang?

3. Menunjukkan contoh

Anak seringkali belajar dengan meniru. Berenang di depan mereka atau menunjukkan video anak lain yang menikmati berenang bisa menjadi pilihan.

4. Mendampingi anak

Berada di dalam air bersama anak memberikan rasa aman. Orangtua dapat memegang mereka dengan lembut dan memberikan dukungan fisik dan emosional.

5. Mengatasi ketakutan secara spesifik

Jika anak takut tenggelam, maka orangtua dapat mengajarkan mereka cara mengapung.

"Apabila anak takut air masuk ke mata, kita dapat memanfaatkan kacamata renang sebagai solusinya," ujar Dr Tata kepada Kompas.com, melalui jawaban tertulisnya, Sabtu (24/2/2024).

6. Menggunakan metode pengajaran yang sesuai

Beberapa anak mungkin lebih merespon dengan metode pengajaran tertentu. Perlu untuk mencoba berbagai pendekatan untuk melihat mana yang paling efektif.

Baca juga: Panduan untuk Orangtua, Harus Mengajari Anak Berenang

7. Melibatkan profesional

Jika ketakutan anak terhadap air sangat besar, maka orangtua perlu mempertimbangkan untuk mendapatkan bantuan dari instruktur renang profesional yang berpengalaman dengan anak.

8. Jangan membandingkan

Hindari untuk membandingkan kemajuan anak dengan anak lain. Fokus pada kemajuan individu anak dan rayakan setiap pencapaian.

"Hal ini dapat membantu orangtua memahami pentingnya pendekatan yang tepat dalam mengajarkan anak berenang dan mengatasi ketakutan yang mungkin muncul selama proses pembelajaran," ungkap Dr Tata.

"Jadi, penting untuk selalu menekankan pentingnya kesabaran, kepositifan, dan keamanan dalam setiap sesi renang," imbuhnya.

Baca juga: 5 Cara Cepat Belajar Berenang Khusus untuk Pemula

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com