Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2024, 08:00 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sandal adalah salah satu jenis alas kaki yang pasti dimiliki setiap orang, terutama mereka yang tinggal di daerah tropis. Sandal memang identik dengan suasana santai, liburan, dan nyaman.

Meski begitu, sandal juga bisa menjadi salah satu item fashion yang mendukung penampilan. Karenanya, membeli atau memilih sandal yang fashionable sekaligus nyaman bisa gampang-gampang susah.

Nah, jika kamu ingin mencari sandal yang nyaman, menopang kaki dengan baik, sekaligus mendukung penampilan, berikut hal-hal yang harus diperhatikan.

Tips membeli sandal

Utamakan kenyamanan

"Banyak sandal yang terlihat bagus di kaki, tapi itu saja tidak cukup. Kita juga harus mempertimbangkan kenyamanan," ujar Arline Puspita, Brand Manager Fitflop Indonesia. "Jika sandal tidak nyaman, kamu akan sulit tampil gaya karena meringis menahan sakit sepanjang waktu."

Saat memilih sandal, cobalah memeriksa bagian dasar atau solnya. Bagian dasar sandal harus sesuai dengan bentuk kakimu dengan lebar sesuai untuk memberikan dukungan yang tepat. Sol yang empuk, nyaman, dan tebal umumnya lebih baik dalam menyerap guncangan dan melindungi kaki saat berjalan-jalan.

Lalu, pastikan sandal sesuai dengan panjang kakimu. Jangan biarkan ujung jari kaki atau tumit menggantung. Selain tidak menarik, hal ini juga bisa menyebabkan lecet.

"Idealnya, kita harus mencari sandal yang panjangnya menutupi tumit dan ujung jari kaki bisa menempel kuat di bagian alas sandal, tidak menggantung atau melebihi alasnya," jelas Arline.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah memastikan sandal memiliki kontur melengkung untuk menopang cekungan kaki dan metatarsal kita. Jika bagian melengkung kaki tidak ditopang, kaki  cenderung menjadi tegang, yang menyebabkan berbagai kondisi kaki termasuk plantar fasciitis

"Untuk mengetahui apakah bagian-bagian tersebut pas, cobalah dahulu sandal sebelum membeli. Kamu harusnya bisa berjalan dengan santai saat menggunakan sandal. Jika telapak kaki terasa kaku saat melangkah, itu tandanya sandalnya kurang pas untukmu," kata Arline.

Soal kenyamanan ini menjadi perhatian utama merek FitFlop sejak didirikan oleh Marcia Kilgore tahun 2007. FitFlop membuat alas kaki dengan rekayasa biomekanik agar pemakainya merasa nyaman saat berjalan.

"FitFlop adalah perusahaan biomekanik yang memproduksi alas kaki dengan pendekatan ergonomis, jadi kenyamanan dan keselamatan pengguna sangat diutamakan," ujar Arline ketika dihubungi, Selasa (27/2/2024).

Baca juga: Sandal Bekas Steve Jobs Dilelang, Laku Rp 3,4 Miliar

Hal yang Harus Diperhatikan saat Membeli Sandal Hal yang Harus Diperhatikan saat Membeli Sandal

Sesuaikan dengan gayamu

Sandal adalah aksesori penting dalam pakaian dan penampilan kita, jadi pastikan sandal tersebut mencerminkan gaya pribadimu. Tentu saja, sering kali ada mode musiman yang sedang tren. Kamu boleh saja mencobanya, tapi berusahalah untuk sadar mode tanpa mengorbankan gaya pribadimu.

Selain gaya, kita juga harus mempertimbangkan situasi dan suasana penggunaan sandal tersebut. Jika untuk pergi ke pantai, carilah sandal yang lebih kasual dan nyaman, sedangkan jika  membutuhkan sandal untuk acara khusus, pilihlah yang lebih elegan. 

Jangan lupakan kualitas

Kualitas bahan yang digunakan dalam pembuatan sandal sangatlah penting. Kita harus memperhatikan bahan bagian atas hingga sol-nya.

Misalnya, jika solnya terlalu tipis atau insole-nya tidak cukup empuk, hal ini bisa sangat tidak nyaman, terutama bagi orang yang memiliki masalah tulang metatarsal.

Begitu pula dengan outsol-nya atau bagian paling bawah sandal, pastikan anti selip agar tidak tergelincir mengingat sandal kadang dipakai di permukaan yang basah. 

Perhatikan detail

Perhatikan detail sandal seperti jahitan, aksesori, dan kualitas bahan. Salah satu hal yang harus juga kita perhatikan adalah beratnya: semakin ringan sandal, semakin nyaman dipakai untuk berjalan tanpa menimbulkan rasa lelah.

Adapun untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin luas FitFlop mengumumkan peluncuran kembali mereknya lewat kampanye musim semi 2024 yang bertajuk Smart Moves.

Brand ini hadir dengan tampilan dan nuansa baru untuk berbagai sisi termasuk palet warna, siluet, dan logo merek, tentu saja tanpa meninggalkan fungsinya sebagai alas kaki yang nyaman. 

Baca juga: Refal Hady Akan Jualan Sandal, Bagaimana Ceritanya?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com