Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fresh dan Floral, Aroma Parfum yang Masih Digemari Orang Indonesia

Kompas.com - 01/03/2024, 08:08 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Parfum atau wewangian memiliki beragam jenis aroma yang dapat dipilih sesuai dengan kepribadian maupun preferensi setiap orang.

Namun, dengan banyaknya jenis aroma parfum, tidak dipungkiri bahwa ada beberapa aroma yang cukup digemari, terutama oleh orang-orang di Indonesia.

Perwakilan dari salah satu merek parfum lokal Speaks to Me, Arista Yolanda mengatakan, jenis aroma parfum yang paling populer dan terbilang favorit adalah floral atau bunga-bungaan.

"Sampai saat ini orang-orang Indonesia masih suka aroma floral seperti white floral dan mawar. Tapi aroma gourmand dan oriental juga semakin tinggi kok peminatnya," terangnya kepada Kompas.com saat ditemui di sela-sela acara Sociolla 9th Anniversary di Mal Central Park, Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Baca juga: 5 Aroma Parfum yang Membuatmu Lebih Menarik

Senada dengan Arista, Co-Founder dan CMO Social Bella, Chrisanti Indiana atau yang akrab disapa Santi juga mengungkapkan, jenis aroma fresh dan floral masih digemari orang Indonesia.

"Beberapa produk parfum yang cukup disukai itu yang lebih segar dan aroma floral, apalagi kalau untuk sehari-hari," ujar dia.

Selain itu, menurut Santi, aroma yang lebih manis dan hangat seperti vanila kerap digunakan sebagai aroma dasar dalam parfum, baik untuk perempuan maupun laki-laki (unisex).

Namun, untuk laki-laki, aroma menyegarkan yang banyak dipilih biasanya berbeda dengan perempuan.

"Kalau aroma fresh untuk laki-laki itu cenderung lebih ke aroma oceanic atau akuatik. Terkadang, ada juga berbau-bau daun dan hujan," jelasnya.

Santi pun memprediksi bahwa di tahun 2024 ini tren parfum akan semakin berkembang dan muncul aroma-aroma parfum baru yang lebih unik, misalnya, aroma yang lebih spicy seperti lada.

"Banyak brand lokal yang mulai berani untuk bereksplorasi dengan notes baru dan unik, cuma aroma yang tetap jadi favorit ya dua itu tadi," imbuhnya.

Baca juga: 4 Jenis Aroma Parfum, Mana Pilihanmu?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com