Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sujiwa, Koleksi Raya Iwan Tirta yang Terinspirasi dari Sang Pencipta

Kompas.com - 01/03/2024, 18:20 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rumah batik premium Iwan Tirta Private Collection (ITPC) kembali memperkenalkan koleksi terbarunya untuk Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2024.

Bertema "Jiwa yang Terkasih" atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan Sujiwa, koleksi ini merangkum makna romantisme pertemuan antara Sang Pencipta dan yang dicipta.

Dengan menggali inspirasi dari kedalaman spiritual, koleksi Sujiwa juga menyatukan motif-motif yang beresonansi dengan jiwa.

Baca juga:

Creative Manager ITPC, Untari Suyamto mengatakan, ada beberapa motif yang menjadi sorotan dalam koleksi ini, antara lain bunga teratai, paksi atau burung, dan langit.

Teratai menurutnya adalah simbol penciptaan dan tentang kehidupan yang positif, sementara burung merupakan personifikasi keyakinan mereka terhadap Sang Maha Kuasa yang banyak ditemukan di arca maupun relief pada masa Hindu Budha.

"Kemudian yang terakhir adalah bintang-bintang dan langit sebagai atap sejati bumi yang melambangkan luasnya pengetahuan dan menjadi metafora untuk pencerahan," terangnya saat acara media preview di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Baca juga:

Tak hanya motif, dari segi penggunaan warna, kali ini ITPC memilih earth tone yang menghadirkan nuansa hangat dan ketenangan, sekaligus merefleksikan harmoni antara alam dan spiritualitas.

"Mungkin agak berbeda dari ciri khas ITPC yang lebih terang, koleksi kali ini memilih warna-warna alam seperti hijau, cokelat, biru, marun dan juga krem," sambung Untari.

Koleksi Lebaran Iwan Tirta Private Collection yang bertema Sujiwa ditampilkan dalam media preview di Jakarta, Kamis (29/2/2024).KOMPAS.com/RYAN SARA PRATIWI Koleksi Lebaran Iwan Tirta Private Collection yang bertema Sujiwa ditampilkan dalam media preview di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Menggunakan material berkelanjutan

Komitmen ITPC terhadap sustainability atau keberlanjutan pun tercermin dalam pemilihan material untuk koleksi Sujiwa.

Untuk laki-laki, koleksi ini menampilkan beberapa pilihan gaya yang dibuat dari 100 persen katun natural dan tencel premium yang lebih ramah lingkungan serta memiliki penyerapan warna tinggi.

Baca juga:

Termasuk kemeja berpotongan regular seperti lengan panjang atau lengan pendek, serta kemeja dengan potongan serupa beskap yang dan inovatif.

Sementara untuk perempuan, pilihan material mewah dan ringan seperti satin, silk, silk jacquard bunga dan garis, serta habutai tersedia dengan berbagai gaya mulai dari kimono, outerwear, celana, 3-piece ensemble hingga gaun panjang.

"Koleksi Lebaran ini juga menjadi sedikit teaser dari koleksi keseluruhan ITPC di tahun 2024, karena kami mulai menggunakan material-material baru, salah satunya tencel yang lebih berkelanjutan," ungkap Head of Marketing ITPC, Rindu Melati Pradnyasmita.

Menurut dia, tencel ke depannya akan digunakan sebagai pengganti benang sutra untuk ditenun.

Baca juga:

 

Selain itu, material ini juga cocok untuk koleksi Lebaran karena lebih lembut, nyaman, dan tidak panas.

"Proses dan tampilannya kurang lebih sama dengan sutra, namun ketika dipegang, bahannya akan terasa berbeda karena tencel lebih nyaman sehingga memungkinkan juga untuk pemakaian sehari-hari," imbuhnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com