Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2024, 19:04 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kulit kepala yang sehat adalah kunci untuk memiliki rambut yang kuat dan indah. Namun, seringkali kita lupa bahwa perawatan kulit kepala sama pentingnya dengan perawatan rambut itu sendiri.

Salah satu bahan perawatan yang mulai mendapatkan sorotan adalah niacinamide, yang ternyata memiliki manfaat luar biasa untuk menjaga kesehatan kulit kepala kita.

Dr. Farhan Zubedi, seorang ahli dermatologi, menjelaskan bahwa niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3, bukan hanya bermanfaat untuk kulit wajah, tetapi juga sangat efektif untuk merawat kulit kepala.

Baca juga: Mengenal Manfaat Skincare Mengandung Niacinamide

Berikut adalah beberapa manfaat niacinamide yang bisa membantu permasalahan kulit kepala.

Manfaat niacinamide untu kulit kepala

1. Mengontrol produksi sebum

Ketombe adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang. Tapi tahukah kamu bahwa niacinamide dapat menjadi sekutu terbaik dalam melawan ketombe? Dermatologist Farhan Zubedi menjelaskan bahwa niacinamide memiliki sifat mengontrol sebum yang berlebihan di kulit kepala.

"Sebum yang berlebihan dapat menjadi pemicu utama ketombe. Dengan menggunakan produk yang mengandung niacinamide secara teratur, kita dapat menjaga keseimbangan produksi sebum di kulit kepala, sehingga mengurangi risiko terjadinya ketombe," terangnya saat media gathering CLEAR Dandruff Expret: Hair Enthusiast x Expert Connect di Jakarta Selatan, Selasa (05/03/2024).

2. Mengurangi radang dan inflamasi

Inflamasi atau radang di kulit kepala tidak hanya membuat kamu merasa tidak nyaman, tetapi juga dapat menjadi pemicu masalah kulit kepala yang lebih serius. Untunglah, niacinamide dapat menjadi penyelamat dalam mengatasi masalah ini.

"Dengan sifat anti-inflamasi yang dimilikinya, niacinamide dapat membantu mengurangi radang dan inflamasi di kulit kepala. Ini akan membuat kulit kepala terasa lebih nyaman dan sehat secara keseluruhan," kata dr. Farhan.

3. Menguatkan akar rambut

Dokter Farhan menekankan bahwa niacinamide memiliki kemampuan luar biasa untuk memperkuat akar rambut.

"Kulit kepala yang sehat adalah kunci utama untuk mencegah rambut rontok," ungkapnya.
Menggunakan niacinamide, akar rambut menjadi lebih kokoh dan kuat, sehingga mengurangi risiko rambut rontok yang sering mengganggu.

"Dengan akar rambut yang kuat, kita nggak perlu khawatir lagi tentang rambut yang rontok saat menyisir atau mencuci rambut," kata dr. Farhan.

Mengetahui manfaat luar biasa dari niacinamide ini, kita mungkin bisa memasukkannya dalam rutinitas perawatan kulit kepala kita. Dengan pemakaian yang teratur dan tepat, kita bisa menikmati rambut yang lebih sehat dan kulit kepala yang bebas masalah.

Baca juga: Niacinamide: Penjelasan, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com