Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kesalahan Perawatan Kulit yang Membuat Terlihat Lebih Tua

Kompas.com - 14/03/2024, 08:08 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Siapa yang tidak ingin terlihat awet muda? Kita semua ingin merasakan kilauan dan kekenyalan kulit yang membuat kita tampak segar dan cerah sepanjang hari.

Namun, terkadang, dalam perjalanan mencapai kulit yang sempurna, kita melakukan kesalahan tanpa disadari yang justru mengakibatkan kita terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Melangkah lebih jauh dari sekadar memilih produk perawatan kulit yang tepat, ada faktor-faktor yang sering kali terlewatkan namun berpotensi besar untuk menyebabkan kerusakan pada kulit.

Mari kita telusuri 8 kesalahan perawatan kulit yang mungkin saja telah mengintai di balik rutinitas harian kamu.

8 kesalahan perawatan kulit yang membuat terlihat lebih tua

1. Mengabaikan kandungan anti-penuaan

Seiring bertambahnya usia, kita perlu mencari produk yang mengandung bahan-bahan untuk melawan penuaan kulit, kata Valerie Aparovich, ahli biokimia dan ahli kecantikan bersertifikat di OnSkin, kepada Best Life.

"Merupakan sebuah kesalahan untuk tidak menggunakan produk kosmetik dengan bahan aktif yang sesuai dengan usia, yang membantu memudarkan keriput, merangsang sintesis kolagen, dan menjaga kulit tetap segar dan kencang," jelasnya.

"Tiga kandungan anti penuaan yang paling utama adalah vitamin C, retinol, dan peptida," imbuhnya.

Setiap bahan memiliki fungsi yang berbeda untuk kulit, tambah Aparovich. Sebagai contoh, vitamin C.

"Vitamin C menstimulasi sintesis protein kolagen, meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit serta membuat kadar kekencangan kulit yang menurun menjadi tidak terlalu terlihat, memiliki sifat mencerahkan, membantu memudarkan pigmentasi, dan memperkuat dinding kapiler," terang Valerie.

Retinol mendorong pembaruan kulit dengan mempercepat pergantian sel, juga pengelupasan kulit, mencerahkan, dan mendukung sintesis serat kolagen dan elastin, yang mengenyalkan tekstur kulit untuk menghaluskan garis-garis dan kerutan, katanya.

Di sisi lain, peptida meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit dengan memengaruhi sintesis kolagen.

Baca juga: Rekomendasi Bahan dan Produk Perawatan Kulit Anti-Penuaan

Ilustrasi pakai bedak tabur setelah sunscreen.Shutterstock/Lyubov Levitskaya Ilustrasi pakai bedak tabur setelah sunscreen.

2. Tidak menggunakan tabir surya

"Kesalahan perawatan kulit yang umum terjadi adalah melewatkan penggunaan SPF setiap hari hanya karena cuaca tidak terlalu cerah," kata Charette.

Menurut Charette sinar ultraviolet (UV) masih dapat menembus awan dan bahkan kaca jendela, membuat kulit rentan terhadap penuaan dini dan keriput. Itulah sebabnya mengapa melindungi kulit halus di wajah adalah bagian penting dari setiap rutinitas perawatan kulit agar tidak terlihat lebih tua.

“Cobalah memilih pelembap yang lebih ringan dengan tabir surya SPF 50 berspektrum luas yang dapat digunakan bersamaan untuk mendapatkan manfaat perawatan kulit yang optimal," saran Charette.

Menurut Rachel Lee Lozina, ahli kecantikan berlisensi New York State, teknisi laser dan ahli kecantikan onkologi, serta pendiri Blue Water Spa di Oyster Bay, New York, kita juga harus memperhatikan bahan-bahan tertentu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com