Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Merawat Kulit Bayi Usia 0-6 Bulan, Rutin Ganti Popok 

Kompas.com - 28/03/2024, 10:48 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kulit bayi baru lahir maupun usia 0-6 bulan masih sangat sensitif. Oleh sebab itu, orangtua harus mengetahui cara merawat kulit bayi 0-6 bulan agar kulit buah hati terlindungi dengan baik. 

Tanpa perawatan yang tepat, kulit bayi 0-6 bulan rentan mengalami iritasi. Orangtua juga harus berhati-hati, lantaran masih ada sejumlah informasi yang kurang tepat berkaitan dengan cara merawat kulit bayi usia 0-6 bulan

Baca juga:

Cara merawat kulit bayi 0-6 bulan

Kompas.com merangkum cara merawat kulit bayi usia 0-6 bulan sebagai berikut disarikan dari American Academy of Dermatology Association (AAD), Healthline, dan WebMD. 

Ilustrasi bayi, cara merawat kulit bayi usia 0-6 bulanShutterstock/ivan_kislitsin Ilustrasi bayi, cara merawat kulit bayi usia 0-6 bulan

1. Batasi bayi 0-6 bulan dari sinar matahari berlebih 

Orangtua hendaknya membatasi bayi 0-6 bulan dari sinar matahari berlebih. Jika terpaksa membawa si kecil keluar, maka upayakan agar kulitnya terhindar dari sinar matahari langsung, seperti memakaikan topi atau pelindung lain. 

Batasi paparan sinar matahari antara pukul 10.00 hingga 16.00, saat sinar ultraviolet (UV) paling kuat. 

Food and Drug Administration (FDA) dan American Academy of Pediatrics (AAP) tidak merekomendasikan pemberian tabir surya pada bayi di bawah 6 bulan. 

2. Mandikan bayi dengan tepat 

Karena kulit bayi 0-6 bulan masih sangat sensitif, maka orangtua perlu mengetahui cara memandikan si kecil dengan tepat. Ternyata, bayi 0-6 bulan tidak perlu terlalu sering dimandikan. 

Sebagai gantinya, orangtua bisa mengusap badan bayi menggunakan waslap atau kain lembut dan air hangat. Mandikan bayi 0-6 bulan dengan air hangat suam-suam kuku, jangan air panas. 

Selain itu, jangan terlalu lama memandikan bayi, cukup 5-10 menit saja. Gunakan sabun dan sampo khusus bayi yang bebas pewangi. 

Baca juga:

3. Ganti popok berkala 

Agar melindungi kulit bayi dari ruam, ganti popok secara berkala. Para dokter anak merekomendasikan ganti popok bayi setiap 4 jam sekali. 

Jika anak BAB, maka segera ganti popok si kecil untuk mencegah ruam. Orangtua juga bisa mengoleskan krim anti ruam khusus bayi pada area lipatan. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com