Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara "Sulap" Baju Lebaran Lama Jadi Terlihat seperti Baru

Kompas.com - 01/04/2024, 16:08 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perayaan Idul Fitri atau Lebaran di Indonesia seringkali identik dengan membeli baju baru. Padahal, Lebaran tidak melulu harus memakai baju baru.

Mengenakan baju-baju lama pun ternyata bisa membuat tampilan tak kalah menarik asalkan kita tahu cara mendaur ulangnya kembali (upcycle).

Baca juga:

Agar baju lama kita tetap terlihat baru dan tidak usang saat dipakai ketika Lebaran nanti, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyulap baju Lebaran lama.

Menyulap baju Lebaran lama jadi baru

1. Memakai teknik layering

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengubah baju Lebaran lama terlihat seperti baru adalah dengan memadupadankannya atau mix n match.

Fashion stylist Erich Al Amin mengatakan, kita bisa menggunakan teknik layering saat sedang mix n match baju Lebaran lama.

"Sebagai contoh, memadukan kemeja dengan blazer atau dengan menambahkan abaya dress dengan belt untuk memberikan sentuhan yang berbeda," sarannya ketika dihubungi Kompas.com, pada Minggu (31/3/2024).

2. Mengubah styling baju

Mengubah styling baju juga bisa menjadi cara untuk membuat tampilan baju Lebaran lama lebih segar dan menarik.

Fashion stylist Bimo Permadi mencontohkan, jika tahun lalu kita menggunakan pakaian dalam bermotif ramai dan luaran polos, maka cobalah membalikkannya, sehingga pakaian bermotif sebagai luaran. 

Baca juga:

"Atau kalau sebelumnya warnanya lebih tua, bisa dikombinasikan dengan warna-warna yang lebih muda," ujar dia.

Ilustrasi mempermak baju Lebaran lama.Shutterstock/Fresh Stocks Ilustrasi mempermak baju Lebaran lama.

3. Membawa ke tempat permak baju

Selain mix n match, kita juga bisa menyulap baju Lebaran lama dengan membawanya ke tempat permak atau desainer.

Menurut Bimo, permak baju bisa mengubah sedikit tampilannya agar lebih berbeda seperti mengganti benang, renda, atau mungkin bebatuan yang berbeda.

"Gimana kira-kira kia bisa mengubah tampilan baju yang lama supaya tetap bisa dipakai karena enggak semua orang sebetulnya mau ganti baju Lebaran terus setiap tahun," ucap Bimo.

Ilustrasi seorang perempuan sedang mix n match aksesori dengan baju Lebaran.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi seorang perempuan sedang mix n match aksesori dengan baju Lebaran.

4. Menambahkan fashion item

Pendiri komunitas Lyfe With Less, Cynthia Suci Lestari mengungkapkan bahwa menambahkan fashion item lainnya juga bisa membuat tampilan baju Lebaran lama lebih segar.

Sementara itu, Bimo menyarankan penambahan fashion item, yang tadinya rok menjadi celana. Atau mengganti dress dengan atasan dan bawahan.

Baca juga: Hampers Lebaran Seperti Apa yang Banyak Dicari?

"Makanya saya selalu merekomendasikan outer atau kimono sih supaya bisa dipakai terus menerus dan enggak cuma bisa dipakai pas Lebaran saja, bisa buat liburan juga atau acara lain," imbuhnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com