Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2024, 07:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kondisi medis tertentu atau pengobatan kemoterapi untuk kanker dapat menyebabkan kerontokan rambut secara alami.

Sementara beberapa orang tidak keberatan dengan penampilan botak, namun yang lain memutuskan untuk menggunakan wig atau rambut palsu agar lebih percaya diri.

Sama seperti rambut, wig yang tahan lama dan berkualitas baik membutuhkan perawatan yang tepat.

Menurut pendiri perusahaan Crown Wig dan gerakan Yuk Donasi Rambut, Stephanie Indriani, wig perlu dicuci paling tidak seminggu sekali untuk pemakaian setiap hari.

"Bisa dicuci mengggunakan kondisioner saja, kemudian keringkan dengan diangin-anginkan, lalu disisir dan pakai vitamin oil," katanya kepada Kompas.com, Senin (15/4/2024).

Selain itu, saat melakukan styling pastikan untuk menggunakan jari-jari jika memungkinkan, dan apabila kita menggunakan sisir, gunakan hanya yang dirancang untuk wig.

Pakailah produk penata rambut secukupnya, karena semakin banyak hair spray atau gel yang digunakan, maka semakin sering kita harus mencuci atau membersihkannya.

Baca juga: Tips Mengenakan Wig Agar Tampak Alami

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, ada beberapa cara yang juga perlu diperhatikan saat mencuci wig asli maupun sintetis sebagai berikut.

Cara mencuci wig rambut asli

Proses mencuci wig rambut asli sebenarnya tidak jauh berbeda dengan proses mencuci rambut yang tumbuh secara alami.

1. Persiapan: Gunakan sisir bergigi jarang untuk merapikan rambut wig sebelum dicuci. Berhati-hatilah untuk tidak menarik atau meregangkan serat rambut.

2. Basahi: Pegang wig dengan satu tangan dan gunakan tangan lainnya untuk menuangkan air hangat ke rambut. Wig hanya perlu dibasahi, tetapi tidak sampai basah kuyup.

3. Cuci: Taruh sedikit sampo pada wig dan ratakan sampo ke seluruh rambut. Kemudian bilas hingga bersih, berhati-hatilah agar tidak meremas wig.

4. Pakai kondisioner: Oleskan sedikit kondisioner pada rambut dan ratakan, diamkan selama beberapa menit. Bilas rambut dengan air hangat sampai airnya jernih.

5. Keringkan: Cara termudah untuk mengeringkan wig adalah dengan meletakkannya di atas penyangga wig dan membiarkannya mengering, tetapi kita dapat menggunakan pengering rambut pada wig rambut asli. Pastikan juga untuk menjaga pengaturan panas tetap rendah.

Ilustrasi mencuci wig rambut asli maupun sintetis.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi mencuci wig rambut asli maupun sintetis.

Cara mencuci wig sintetis

Sebuah tips penting sebelum memulai, ingatlah bahwa kita tidak dapat menggunakan panas untuk mengeringkan atau menata wig sintetis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com