Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Warna Terbaik untuk Dipakai Pemilik Undertone Hangat

Kompas.com - 22/04/2024, 08:10 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Kita semua pasti ingin mengenakan busana yang paling cocok. Tidak heran bila banyak dari kita mencari warna pakaian yang sesuai dengan warna kulit masing-masing. 

Namun warna yang tampak di permukaan kulit saja kadang-kadang tidak sesuai digunakan untuk acuan. Kita juga perlu memperhatikan undertone.

Undertone merujuk pada warna yang muncul di bawah permukaan kulit dan memengaruhi bagaimana warna kulit terlihat. Undertone dapat bersifat hangat seperti kuning, kuning zaitun, atau merah keemasan, namun juga bisa bersifat netral atau dingin dengan menyerupai warna biru atau merah muda.

Salah satu cara termudah untuk mengenali undertone adalah dengan melihat pembuluh darah di bagian dalam pergelangan tangan. Jika warnanya cenderung biru atau ungu, kemungkinan besar undertone-mu dingin; jika warnanya lebih hijau, kamu memiliki undertone hangat. 

Baca juga: Cara Mengenali Undertone agar Make Up Jadi Maksimal

Undertone ini akan menentukan warna apa yang cocok kamu pakai. Nah, kali ini kita akan membahas warna-warna yang paling cocok untuk pemilik undertone hangat.

Warna terbaik untuk undertone hangat

1 Pirus atau turquoise

Ilustrasi perempuan mengenakan baju warna turquoise/pirus Ilustrasi perempuan mengenakan baju warna turquoise/pirus
Jika kamu ingin mendapat pujian karena keserasian warna pakaian dengan warna kulitmu, kenakan warna berani ini.

“Turquoise melengkapi undertone yang hangat dan membuat pemakainya terlihat sehat dan bersemangat,” kata Michelle Barrett, stylist dan pendiri Capsule Closet Stylist. "Warna ini bekerja sangat baik terutama pada mereka yang memiliki mata biru atau hijau."

Kamu dapat memasangkannya dengan warna merah anggur, oranye, coklat, atau kuning mustard untuk menambah kesan retro, Barrett menambahkan. Atau, biarkan warna dan corak kulitmu bersinar dengan menjadikan turquoise bintang pertunjukan dalam bentuk sweater atau gaun malam.

Baca juga: Mengetahui Rona Kulit dan Cara Memadukannya dengan Warna Pakaian 

2 Gading atau ivory

Ilustrasi outfit putih gading.FREEPIK Ilustrasi outfit putih gading.
Jika kamu memiliki rona kulit hangat, warna putih terbaik untukmu kemungkinan besar adalah warna gading.

Ivory sangat serbaguna dan dapat dipadukan dengan banyak warna berbeda,” kata Barrett. "Untuk tampilan yang chic, padukan dengan warna biru tua, hitam, babu-abu tua, atau krem, sedangkan untuk mencerahkannya, pilih warna merah, oranye, atau merah muda cerise."

Kamu juga bisa mengenakan maxi atau shift dress berwarna gading dan padukan dengan perhiasan emas atau citrine. Mereka akan menonjolkan warna yang lebih hangat pada undertone untuk efek yang mempesona.

Baca juga: 5 Warna yang Cocok Dipakai Pemilik Cool Skin Undertone

3. Hijau

Ilustrasi mix and match hijau army.FREEPIK Ilustrasi mix and match hijau army.
Kamu juga dapat mencoba warna hijau bila memiliki undertone hangat. Kunci untuk menemukan warna hijau yang tepat adalah dengan mencoba berbagai rona hijau yang ada.

“Jika warna undertone-mu hangat dan redup, pilihlah warna hijau kacang polong atau zaitun muda, terutama jika kamu memiliki mata berwarna hijau,” kata Elizabeth Kosich, penata gambar bersertifikat dan pendiri Elizabeth Kosich Styling. 

"Bagi mereka yang undertone-nya hangat, cerah, dan jernih, pilih warna hijau musim semi yang memiliki energi tinggi, intensitas tinggi, dan getaran tinggi."

Kamu dapat memadukan warna ini dengan warna netral hangat terang dan gelap untuk melengkapi penampilan.

4. Warna tembakau

Ilustrasi perempuan mengenakan gaun merah kecoklatan Ilustrasi perempuan mengenakan gaun merah kecoklatan
Untuk warna netral gelap, cobalah warna tembakau. “Tembakau berwarna coklat kemerahan dengan kedalaman dan dimensi yang memperkaya akan mengangkat penampilanmu,” kata Kosich. 

"Aksesori warna tembakau juga merupakan aksen yang bagus, jadi cobalah sabuk korset berbahan suede, topi lebar, atau tas hobo yang longgar dengan warna tembakau."

Karena warnanya yang klasik, kamu dapat menggunakannya sebagai warna pilihan untuk barang investasi seperti mantel, sweater, dan dompet. Barang-barang dengan warna ini tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Baca juga: Cara Mudah Memilih Warna Pakaian yang Sesuai dengan Rona Kulit

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com