Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Mustika Ratu Meninggal Dunia, Ketahui 6 Fakta Mooryati Soedibyo Sang 'Empu Jamu'

Kompas.com - 24/04/2024, 10:28 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo, meninggal dunia pada Rabu (24/4/2024) pukul 01.00 WIB dini hari, pada usia 96 tahun.

Selama hidup, Mooryati dikenal sebagai sosok yang sangat aktif dan memiliki kontribusi besar kepada negara dalam berbagai bidang, khususnya wellness dan kecantikan. 

Baca juga: Pendiri Mustika Ratu Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun, Ini Sederet Kiprahnya

Berikut sejumlah fakta mengenai Mooryati Soedibyo, seperti dirangkum Kompas.com. 

Pendiri PT Mustika Ratu Tbk dan Yayasan Puteri Indonesia Dr. BRA. Mooryati Soedibyo, meninggal dunia pada Rabu (24/4/2024) dini hari.KOMPAS/AGUS SUSANTO Pendiri PT Mustika Ratu Tbk dan Yayasan Puteri Indonesia Dr. BRA. Mooryati Soedibyo, meninggal dunia pada Rabu (24/4/2024) dini hari.

1. Cucu Raja Kasunanan Surakarta 

Seperti disampaikan sebelumnya, Mooryati meninggal dunia pada Rabu (24/4/2024) pukul 01.00 WIB dini hari pada usia 90 tahun. Mendiang merupakan perempuan kelahiran Surakarta, 5 Januari 1928. 

Mooryati merupakan keturunan bangsawan, lantaran mendiang adalah cucu Raja Kasunanan Surakarta Paku Buwono X. Berdasarkan keterangan resmi dari Mustika Ratu, jenazah Mooryati Soedibyo akan disemayamkan di Tapos, Bogor. 

2. Pendiri Mustika Ratu 

Nama Mooryati Soedibyo sangat lekat dengan PT Mustika Ratu Tbk. Tidak heran, sebab Mooryati merupakan pendiri perusahaan jamu dan kosmetik tersebut.

Mengutip Kompas.com (7/9/2019), berdirinya Mustika Ratu berawal dari kecintaan dan keahlian Mooryati dalam meracik jamu dan kosmetik tradisional.

Pada 1975, Mooryati memulai bisnisnya dari garasi rumah. Barulah pada 1978, Mooryati menjalankan bisnis secara komersial dengan memproduksi jamu, yang didistribusikan ke Jakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, dan Medan. 

Siapa sangka, usaha sederhana yang dimulai dari garasi rumah itu bisa bertahan selama puluhan tahun dan berkembang menjadi salah satu perusahaan produsen kosmetik dan jamu ternama di Indonesia.

3. Sang ‘Empu Jamu’

Keahlian dan kepiawaiannya dalam meracik jamu herbal, membuat Mooryati Soedibyo dikenal sebagai Empu Jamu. Bahkan, Mooryati mendapatkan penghargaan “Empu Jamu” dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada 2008.

Melansir dari situs resmi Mustika Ratu, sejak usia muda Mooryati Soedibyo telah memiliki gaya hidup sehat dengan meracik dan meminum jamu. 

“Sejak muda saya rajin minum jamu, saat ini pun saya masih rajin. Saya biasanya minum beras kencur yang saya buat sendiri di rumah,” tutur Mooryati Soedibyo, dikutip dari situs Mustika Ratu. 

Racikan jamunya berasal dari bahan-bahan alami seperti gula asam, beras kencur, dan kunir asam. Kebiasaan ini, bukan hanya sekadar tradisi keluarga, tetapi juga menjadi fondasi kehidupan sehat dan kecantikan yang tetap terjaga hingga Mooryati tutup usia.

Baca juga: Pendiri Mustika Ratu Dapat Penghargaan dari Ibu Negara Thailand

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com