BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan The Palace

Ingin Beli Cincin Emas untuk Kado Spesial? Pahami Dulu Kadar Karat pada Perhiasan

Kompas.com - 29/04/2024, 13:31 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemberian hadiah spesial untuk seseorang, termasuk kepada pasangan, pada momentum istimewa, seperti anniversary, ulang tahun, dan pernikahan, merupakan salah satu wujud ekspresi kasih sayang.

Jenis hadiah yang diberikan beragam. Salah satu di antaranya adalah perhiasan cincin emas wanita. Cincin memiliki makna mendalam jika diberikan sebagai hadiah, yakni lambang kebersamaan dan komitmen di antara sepasang kekasih.

Meski demikian, memilih cincin emas sebagai kado untuk orang terkasih ternyata tidak mudah. Anda harus mengetahui ukuran jari, preferensi desain cincin kesukaan kekasih, hingga kadar kemurnian keaslian emas perhiasan cincin agar tidak salah pilih.

Memahami kadar karat emas

Berbicara soal kadar, kemurnian emas diukur menggunakan satuan karat. Adapun emas murni memiliki kadar 24 karat atau 99,9 persen. Emas murni umumnya berbentuk batangan.

Baca juga: Kolaborasi dengan The Palace Jeweler, Lakuemas Hadirkan Promo “Ketupat Emas”

Untuk perhiasan, emas yang digunakan tidak berkadar 24 karat. Pasalnya, emas murni terlalu lunak untuk dibentuk menjadi cincin berlian, liontin berlian, gelang, anting-anting wanita, atau kalung. Agar lebih kuat, emas biasanya dicampur logam lain, seperti perak atau tembaga.

Perhiasan emas sendiri biasanya memakai emas 10 karat, 14 karat, dan 18 karat. Orang zaman dahulu biasa menyebut perhiasan emas 10 karat dengan “emas muda” dan 18 karat dengan “emas tua” untuk memudahkan.

Cara menghitung persentase kandungan emas pada perhiasan cukup mudah. Anda tinggal membagi kadar emas perhiasan dengan 24. Semisal, perhiasan emas 18 karat, perhitungannya adalah 18/24 x 100 = 75 persen.

Semakin tinggi kadar emas pada perhiasan, maka harganya pun semakin mahal. Lantas, berapa kadar emas pada perhiasan yang cocok untuk kado spesial? Semua bergantung pada preferensi Anda. Jika ingin memberikan cincin perhiasan emas terbaik, pilihannya adalah emas 18 karat.

Baca juga: The Palace Jeweler Jadi Mitra Perhiasan Resmi UI Fashion Week 2024

Toko perhiasan Therlengkap, Therjangkau, dan Therjamin

Jika sudah memahami, kini saatnya Anda memilihkan cincin emas wanita terbaik untuk orang terkasih sebagai hadiah. Dari sekian banyak butik, Anda bisa mendatangi The Palace Jeweler

Dengan mengusung tagline 3T, yakni Therlengkap, Therjangkau, dan Therjamin, The Palace Jeweler menyediakan berbagai macam perhiasan emas dan berlian dalam satu tempat. Dengan demikian, Anda tidak perlu pergi ke butik lain.

The Palace Jeweler menyediakan perhiasan emas dan berlian dari warna D hingga J. Tingkat kejernihannya pun beragam, mulai dari lawless (F), very very slightly included (VVS), very slightly included (VS), hingga batu mulia, seperti sapphire, emerald, dan ruby.

Kualitas material yang ditawarkan pun sudah terjamin dan berstandar internasional, mulai dari yang paling terbaik hingga paling ekonomis. Tidak hanya itu, The Palace Jeweler juga menyediakan logam mulia yang bisa dimiliki dengan mudah melalui aplikasi Lakuemas.

Baca juga: Rayakan Anniversary dengan Perhiasan Berlian Istimewa The Palace Jeweler

Selain pilihan ragam kualitas koleksi perhiasan emas terlengkap, The Palace Jeweler juga menawarkan perhiasan berlian wanita dengan harga yang terjangkau. Berlian MOELA ditawarkan mulai dari harga Rp 888.000.

Ada pula koleksi perhiasan berlian Nusantara dan Kekasih di The Palace Jeweler yang dapat dipertimbangkan sebagai hadiah untuk pasangan.

Dengan beragam pilihan serta variasi koleksi perhiasan emas dan berlian, Anda pun bisa lebih leluasa dalam memilih. Gerai ini juga menjadi pilihan tepat bagi pemula yang baru ingin mengoleksi perhiasan emas ataupun berlian.

Anda pun tak perlu khawatir soal keamanan. Pasalnya, The Palace Jeweler memberikan jaminan yang disampaikan dengan terbuka dan transparan, baik untuk ragam kualitas berlian maupun ketepatan kadar emas dalam setiap produk perhiasan The Palace Jeweler.

Baca juga: Lengkap, Terbuka, dan Nyaman, The Palace Jeweler Buka Kembali Gerai di Supermal Karawaci

Kadar emas yang terdapat pada setiap perhiasan The Palace Jeweler, baik berlian maupun emas, memiliki kadar tepat, yaitu 18 karat atau memiliki kandungan emas sebanyak 75,5 persen.

Kadar tersebut sesuai standar internasional dan standar nasional Indonesia (SNI) serta telah mendapatkan Sertifikasi SNI 8880:2020.

Untuk menjamin kadar emas yang tepat pada setiap perhiasannya, The Palace Jeweler menyediakan layanan pengetesan kadar emas dengan alat yang modern dan akurat, yaitu karatimeter. Mesin pengetesan kadar emas pertama di Indonesia ini memberikan jaminan kadar emas pasti pas kepada setiap pelanggan.

Bagaimana? Tertarik berkunjung ke The Palace Jeweler? Anda dapat menyambangi gerai The Palace Jeweler yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, mulai dari The Palace Mal Taman Anggrek (Jakarta Barat), The Palace Bekasi, The Palace Pakuwon Jogja, The Palace DP Mall Semarang, hingga The Palace The Park Kendari.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap ragam perhiasan emas dari The Palace Jeweler, silakan mengunjungi website resmi The Palace Jeweler, Instagram @thepalace_id, dan juga TikTok The Palace Jeweler


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com