Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang bagi Para Penyandang Disabilitas Berlatih Bikin Kerajinan Tangan

Kompas.com - 03/05/2024, 06:09 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sejumlah karya seni seperti mainan kayu, gantungan kunci kayu, hasil jahit batik, hingga dekorasi dipajang dalam sebuah pameran karya seni di Lobby Hotel Ascott Jakarta.

Karya-karya tersebut dibuat spesial oleh teman-teman difabel dari Yayasan Wisma Cheshire.

Tak hanya menampilkan karya-karyanya, dua orang teman disabilitas dan perwakilan dari Yayasan Wisma Cheshire turut melukis bersama.

Di sela kegiatan melukis, Manager Project Yayasan Wisma Cheshire, Fendo. P. Saragih mengatakan, yayasan tersebut didirikan untuk membantu para penyandang disabilitas membangun kembali semangatnya dengan memberikan pelatihan kerajinan tangan.

“Di Yayasan Cheshire kami mempunyai program training membuat kerajinan tangan,” ucap Fendo di Jakarta Pusat, Selasa (30/04/2024).

Baca juga:

Perjalanan yayasan ini cukup panjang. Pertama kali dibentuk oleh Captian Leonard Cheshire, seorang pilot asal Inggris pada Perang Dunia Kedua.

Salah satu kerajinan tangan yang dibuat oleh Yayasan Wisma Cheshire.KOMPAS.com/VIA FURGATIVA GUMILAR Salah satu kerajinan tangan yang dibuat oleh Yayasan Wisma Cheshire.

Saat terjadinya Perang Dunia Kedua, banyak korban dari rekan sang pilot maupun masyarakat sipil yang mengalami cedera sehingga harus diamputasi.

Setelah pensiun, Leonard Cheshire memutuskan untuk menjadikan rumahnya sebagai shelter khusus penyandang disabilitas.

“Setelah mendirikan shelter itu, Ia terpikir untuk mendirikan program-program pelatihan untuk memotivasi para korban perang,” katanya.

Yayasan Wisma Cheshire masuk ke Indonesia pada 70-an

Pada 1974 Yayasan Wisma Chesire masuk ke Indonesia dan semakin berkembang hingga saat ini.

Ascott Soiree meluncurkan kerja sama dengan Yayasan Cheshire Indonesia di Ascott Jakarta, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2024).
DOK ASCOTT JAKARTA Ascott Soiree meluncurkan kerja sama dengan Yayasan Cheshire Indonesia di Ascott Jakarta, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2024).

Awalnya para resident atau anggota bisa tinggal sampai waktu yang tidak terbatas. Namun seiring berjalannya waktu, mereka hanya bisa tinggal selama enam bulan sampai satu tahun, sehingga yayasan kemudian merekrut anggota baru.

“Kami memberikan pelatihan para resident dengan meningkatkan skill mereka agar bisa menjalani kehidupan secara mandiri setelahnya,” tutur Fendo.

Kerja sama dilakukan oleh Yayasan Wisma Cheshire dengan berbagai pihak, seperti Ascott Jakarta dan sebelumnya bersama Rumah Sakit Fatmawati.

Baca juga:

Bersama Rumah Sakit Fatmawati mereka memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan skill para penyandang disabilitas korban kecelakaan untuk membangu membangun kembali semangat mereka.

Yayasan ini juga membuka donasi dan sukarelawan bagi yang ingin ikut membantu program pelatihan untuk berbagai bidang.

@kompas.lifestyle Video kali ini mimin mau mimin kasih tau cara mix and match busana wastra untuk yang berhijab. Kalian juga bisa pakai ide busana ini untuk datang ke pesta pernikahan nih guys, ditonton sampai habis ya! Kreatif : Via Furgativa Gumilar Produser : Nabilla Tashandra #ootd ##mixandmatch #batik #kainbatik ? Fortnight - Taylor Swift
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com