Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2024, 13:21 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Tidur siang bukan hanya untuk anak-anak. Pernahkah kamu memperhatikan bagaimana anak-anak menjadi lebih tenang dan fokus setelah tidur siang? 

Istirahat di siang hari juga mungkin memiliki efek yang sama pada orang dewasa —terutama bagi mereka yang terlambat tidur malam. Namun bagaimana kita bisa memanfaatkan tidur siang sebaik-baiknya sehingga membuat rileks dan segar, serta tidak pusing atau tidak bisa tidur di malam hari?

Tapi bagaimana bila kita tidak terbiasa tidur siang? Adakah cara yang  bisa membuat orang tidur siang degan cepat dan cukup? Nah, salah satu teknik agar bisa tidur dengan cepat adalah yang dikembangkan pasukan khusus Navy SEAL.

Baca juga: Berapa Lama Durasi Tidur Siang yang Termasuk Power Nap?

Apa itu teknik tidur Navy SEAL?

“Teknik tidur Navy SEAL” banyak diperbincangkan di internet karena disebut bisa memberikan kekuatan tidur siang yang sempurna. Pertama kali dibagikan oleh mantan perwira Navy SEAL Jocko Willink di podcast “The Drive” pada tahun 2019, trik tidur siang 8 menit ini menjadi viral pada tahun 2022 ketika beredar di TikTok.

“Metode tidur Navy SEAL pada dasarnya adalah taktik tidur untuk tujuan tidur siang yang cepat,” kata psikolog Candice Seti, PsyD. Tapi apakah ini benar-benar berhasil untuk semua orang dan apakah tidur siang singkat itu bermanfaat?

“Prinsip dasar Teknik Tidur Navy SEAL berakar pada teknik yang dipromosikan oleh spesialis tidur,” kata Amy Lowery Allison, PhD, psikolog klinis dan spesialis perilaku tidur. 

Cara ini mengacu pada teknik yang melibatkan relaksasi tubuh, menenangkan pikiran, serta beberapa “aspek kognitif untuk mendapatkan manfaat tidur yang positif.

Baca juga: Tidur Siang Singkat Bikin Hidup Lebih Bahagia, Percaya?

Bagaimana cara melakukannya?

Teknik tidur Navy SEAL melibatkan posisi tubuh tertentu yang menekankan ketinggian dan sirkulasi kaki.

  • Mulailah dengan berbaring telentang di lantai.
  • Letakkan kedua kaki di atas tempat tidur, sofa, atau kursi.
  • Pinggul harus ditekuk 90 derajat dengan lutut tepat di atas pinggul.

Idenya di sini adalah bahwa meninggikan kaki di atas jantung akan menurunkan tekanan darah di kaki, yang pada gilirannya dapat membuat jantung dan otak lebih mudah rileks, jelas Seti. 

Elemen yang paling penting adalah mengangkat kaki di atas jantung, jadi kita juga bisa melakukannya di tempat tidur dengan kaki disangga tinggi di atas bantal atau selimut lipat jika itu lebih nyaman.

“Penting untuk dicatat bahwa posisi tubuh ini hanyalah teknik tidur siang yang dimaksudkan untuk tidur siang yang cepat —bukan untuk sesi tidur sepanjang malam,” tambahnya.

Baca juga: Tidur Siang Baik untuk Otak, tetapi Maksimal 30 Menit

Manfaat tidur siang

Tidur siang telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan mental dan fisik. The Sleep Foundation melaporkan bahwa tidur siang beberapa kali setiap minggu dikaitkan dengan rendahnya risiko masalah jantung. Mereka juga mengatakan bahwa tidur siang membantu mengurangi stres yang terjadi saat Anda kurang tidur. 

Studi lain yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health pada tahun 2021 menemukan bahwa tidur siang meningkatkan kekuatan otak (atau kewaspadaan kognitif.) 

Baru-baru ini, para peneliti dari University College London dan University of the Republic di Uruguay menyimpulkan bahwa tidur siang secara teratur dikaitkan dengan volume otak yang lebih besar, menunjukkan bahwa tidur siang memiliki risiko lebih rendah terkena demensia dan perubahan kognitif terkait usia lainnya. 

Artinya, sedikit waktu istirahat atau tidur siang dapat memberikan keajaiban bagi tubuh dan pikiran kita.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com