Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2024, 18:42 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Seorang dengan kepribadian introvert lebih suka menutup diri dan menikmati waktu luang sendirian. Bagi orang introvert, berada di tengah keramaian atau bertemu banyak orang merupakan kegiatan yang menguras energi. 

Menariknya, sebagian orang meyakini bahwa kita bisa mengetahui seorang introvert berdasarkan zodiak, meskipun tidak bisa digeneralisasi. Beberapa zodiak diyakini sebagai sosok introvert yang lebih suka berinteraksi dalam sosial yang lebih kecil dan intim. 

Baca juga: Zodiak Paling Kompetitif, Ada Siapa Saja?

Zodiak yang paling introvert 

Berikut zodiak yang paling introvert seperti dikutip Kompas.com dari Love to Know dan Your Tango. 

Ilustrasi zodiak paling introvert
PEXELS/ANDREA PIACQUADIO Ilustrasi zodiak paling introvert

6. Cancer  (21 Juni-22 Juli) 

Jika bisa memilih, seorang Cancer lebih suka berdiam diri di rumah ketimbang datang ke pesta. Namun, zodiak elemen air ini bisa bersifat lebih fleksibel sehingga tidak menutup diri sepenuhnya. 

Terutama, jika Cancer menilai seseorang bisa bermanfaat buat dirinya, maka mereka tak ragu untuk membuka diri. Dengan sifat intuitif yang sangat tinggi, Cancer punya  naluri bawaan untuk memilih orang-orang yang cocok dengannya dengan selektif. 

Mereka lebih suka jika kamu memberi tahu semua informasi kepadanya, ketimbang mereka harus membocorkannya kepada kamu. Seorang Cancer tidak suka dianggap lemah, sehingga mereka lebih menutup diri agar tidak  bisa dihakimi.

5. Virgo (23 Agustus-22 September)

Sifat intovert seorang Virgo didasari bahwa zodiak ini sulit percaya kepada orang lain. Jadi, mereka memilih untuk menutup diri agar dapat menikmati waktu luang sendirian. 

Seperti sifat zodiak elemen tanah pada umumnya, seorang Virgo enggan keluar dari zona nyaman ke tempat penuh orang, kecuali jika terpaksa. Namun demikian, Virgo adalah seorang pendengar yang baik. 

Baca juga: Zodiak Paling Berantakan Menurut Astrologi

4. Taurus (20 April-20 Mei)

Taurus adalah zodiak yang dikenal sebagai sosok yang keras kepala namun berhati emas. Zodiak elemen tanah ini, menyukai stabilitas dalam hidup sehingga tidak menyukai perubahan dan tidak terlalu terbuka terhadap spontanitas. 

Sifat inilah yang mendorong seorang Taurus menjadi sosok yang introvert. Selain itu, zodiak lambang banteng ini dikenal pendiam karena berpikir sebelum berbicara dan banyak mempertimbangkan kata-kata serta tindakannya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com