Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Steamer Vs Setrika, Mana yang Paling Cocok untuk Menghilangkan Kusut?

Kompas.com - 22/05/2024, 19:19 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjaga pakaian tetap rapi dan bebas kusut adalah keharusan, terutama bagi mereka yang ingin tampil prima setiap saat.

Dua alat utama yang biasa digunakan untuk tugas ini adalah steamer dan setrika. Tapi, mana yang sebenarnya lebih efektif untuk menjaga pakaian bebas kusut?

Steamer cocok digunakan untuk apa?

Steamer atau setrika uap, kini semakin populer. Alat ini menggunakan uap panas untuk menghilangkan kerutan pada pakaian.

Ilustrasi steamer, Ilustrasi menyetrika pakaian dengan steamer.Shutterstock/New Africa Ilustrasi steamer, Ilustrasi menyetrika pakaian dengan steamer.
"Saya menyarankan semua orang untuk menggunakan steamer," kata Lauren A. Rothman, pendiri Style Auteur, sebuah perusahaan konsultan mode yang berbasis di Washington, D.C.

"Dengan steamer, lebih sedikit kesalahan yang dilakukan oleh pengguna. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengambil pakaian di gantungan, meletakkannya di pengait, dan menyalakan steamer."

Alat ini mudah dibawa, sehingga kita bisa memasukkannya ke dalam koper untuk mengatasi pakaian yang kusut saat perjalanan.

Alat ini sangat cocok untuk sebagian besar jenis pakaian dan kain-bahkan kain yang halus seperti sutra, kasmir, dan wol.

Dan ini sangat bagus untuk pakaian yang sangat sulit disetrika, seperti rok lipit.

"Rok akordeon, misalnya, sangat sulit untuk disetrika, bahkan dry clean pun tidak bisa," kata Rothman.

Baca juga: Merapikan Pakaian dengan Steamer atau Setrika, Mana yang Lebih Baik?

Setrika cocok digunakan untuk apa?

Setrika dapat memberikan lipatan yang tajam dan tampilan yang benar-benar rapi dan berkilau, jadi setrika sangat cocok untuk saat-saat ketika kita benar-benar ingin tampil mengesankan. Misalnya, jika  mengenakan seragam atau ingin kemeja rapi untuk wawancara penting, setrika adalah pilihan yang tepat.

Selama kamu memperhatikan pengaturannya, setrika ini dapat digunakan pada kain yang halus, hanya saja, pastikan memilih pengaturan yang sesuai sebelum menyetrika pakaian.

Setrika juga bagus untuk merapikan serbet dan taplak meja, di mana kita menginginkan lipatan yang tajam dan pengepresan yang mulus.

"Setrika benar-benar diatur untuk mendapatkan tampilan yang tajam," kata Rothman.

Cara menggunakan steamer dan setrika

Setiap alat penghilang kusut memiliki teknik yang sedikit berbeda, jadi pastikan  menggunakan strategi yang tepat untuk alat dan pakaian.

Untuk menggunakan steamer pakaian, isi alat dengan air, dan tunggu (biasanya hanya satu atau dua menit) sampai kamu melihat uap keluar. Pegang alat steamer satu atau dua inci dari pakaian, jangan menyentuhnya ke kain. Jalankan steamer di setiap bagian dengan gerakan naik dan turun, ratakan kain saat melakukannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com