Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kombinasi Warna Pakaian yang Tidak Pernah Salah

Kompas.com - 31/05/2024, 12:42 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Aturan utama dalam berpakaian adalah mengenakan pakaian yang membuat kamu merasa nyaman. Jika kamu merasa sangat percaya diri mengenakan blazer merah jambu cerah dan celana panjang hijau neon, maka tidak ada yag salah dengan itu. 

Meskipun demikian, kebanyakan orang sepakat bahwa kombinasi warna tertentu terlihat lebih baik dibandingkan yang lain, dan mengetahui cara memanfaatkannya dapat membantu meningkatkan gaya kamu ke level yang lebih tinggi.

Suka atau tidak, pencocokan warna yang tidak serasi memberi sinyal kepada orang-orang bahwa kamu tidak tahu cara berpakaian atau tidak peduli. 

Bisa jadi hal tesebut tidak mengganggumu, dan itu tidak masalah, tetapi jika kamu risih, panduan ini akan membantu kamu berada di jalur yang benar dalam memilih warna. 

Baca juga: Cara Menemukan Warna yang Cocok Untukmu

Bayangkan halaman di bawah ini sebagai semacam lembar contekan pencocokan warna pakaian – pilihan kombinasi yang dapat digunakan berulang kali dan aman karena kombinasi tersebut akan selalu terlihat bagus.

Apa saja warna yang cocok untuk dipadukan 

Hitam dan putih

Ilustrasi pria dengan pakaian hitam dan putih Ilustrasi pria dengan pakaian hitam dan putih
Mari kita mulai dengan yang paling mendasar, ibu dari semua kombinasi warna. Pencocokan warna yang berhasil hampir selalu menghasilkan kontras, dan warna hitam dan putih akan menghasilkan kontras yang maksimal.

Ini adalah kombinasi yang terbukti selalu berhasil, dan sangat bagus untuk menciptakan pakaian berdampak tinggi sekaligus menjaga segala sesuatunya tetap sederhana.

Untuk memaksimalkan potensinya, cobalah menjaga rasio sekitar 70/30, apa pun cara kamu memadukannya. Hindari menggunakan mode zebra (topi hitam, atasan putih, celana hitam, sepatu putih, dll.) dan sebagai gantinya pilihlah satu pakaian hitam/putih sambil menjaga warna pakaian lainnya tetap berlawanan.

Misalnya, kamu bisa memakai jaket hitam, celana hitam, dan sepatu hitam terlihat menonjol hanya dengan menambahkan kaus putih bersih ke dalamnya.

Biru navy dan krem

Ilustrasi perpaduan biru navy dan krem Ilustrasi perpaduan biru navy dan krem
Hitam dan putih memang bagus, tapi tidak untuk semua orang. Ini adalah kombinasi warna yang berani dan mencolok yang menuntut perhatian, dan jika kamu adalah tipe orang yang suka tampil lebih kalem, maka biru tua dan krem mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Biru tua dan krem menawarkan semua manfaat kontras tinggi dari hitam dan putih sekaligus terasa lebih halus. Ini sangat cocok untuk suasana apa pun, terutama untuk tampilan smart casual .

Cukup kenakan blazer biru tua yang tidak terstruktur dengan celana chino krem dan kamu akan tampil mempesona.

Baca juga: 8 Warna yang Cocok Dikenakan Jika Kamu Memiliki Kulit Cerah

Coklat dan beige

Ilustrasi perpaduan busana coklat dan beige Ilustrasi perpaduan busana coklat dan beige
Kontras tidak harus mencolok agar berfungsi dengan baik. Cara lain untuk memadukan warna adalah dengan mencari warn senada yang berbeda kepekatan. Warna coklat dan beige condong ke arah ini dengan tetap mempertahankan kontras yang cukup untuk tampilan tetap bersih dan tajam. 

Cobalah memadukan pakaian luar berwarna coklat dengan celana atau bawahan berwarna beige. Dari sana, kita dapat menambahkan beberapa aksen putih seperti kemeja atau sepasang sepatu kets atau lebih jauh ke dalam tampilan tonal dan membawa kita membumi dengan warna hijau halus dan oranye.

Hijau dan hitam

Ilustrasi perpaduan pakaian hijau dan hitam Ilustrasi perpaduan pakaian hijau dan hitam
Hingga saat ini, semua saran di atas berkisar pada memadukan warna terang dan gelap, tetapi itu bukanlah prasyarat untuk kombinasi warna yang menyenangkan. Contoh kasusnya hijau dan hitam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com