Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2024, 08:11 WIB
Devi Pattricia,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak semua beauty enthusiasts bisa hadir secara langsung di pameran kecantikan, termasuk pameran tahunan seperti Jakarta X Beauty.

Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh pelaku penjual jasa titip atau jastip.

Bahkan sejak hari pertama digelarnya Jakarta X Beauty, para "jastiper" sudah menunggu sejak pagi buta demi bisa masuk ke venue lebih dulu.

Saat gerbang pintu gate terbuka, ratusan jastiper langsung bergegas lari untuk masuk ke dalam venue sembari membawa koper.

Salah satu jastiper asal Bekasi, Linda sejak hari pertama digelarnya Jakarta X Beauty sudah berburu promo dan pesanan jastip para pelanggannya.

Baca juga:

Linda telah membuka jastip Jakarta X Beauty sejak dua tahun lalu.

Tak cuma itu, ia pun juga mengikuti acara bazar-bazaar promo lainnya, bahkan sampai keluar kota.

Perempuan 22 tahun itu menginformasikan jasanya kepada publik melalui akun Instagram jastipnya yaitu @gadisjastip.

Para pengunjung terus memadati pintu masuk Jakarta X Beauty di JCC, Kamis (6/6/2024). Beberapa di antaranya merupakan jastiper yang sudah siap membelikan barang pesanan para pelanggannya.KOMPAS.com/DEVI PATTRICIA Para pengunjung terus memadati pintu masuk Jakarta X Beauty di JCC, Kamis (6/6/2024). Beberapa di antaranya merupakan jastiper yang sudah siap membelikan barang pesanan para pelanggannya.

Pad hari ketiga digelarnya Jakarta X Beauty, Linda telah hadir di Jakarta X Beauty sejak pukul 09.00 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

“Hari ini saya udah datang dari jam 09.00 pagi supaya bisa masuk lebih cepat dan ambil produk-produk orderan,” kata Linda kepada Kompas.com saat ditemui di Jakarta X Beauty, Sabtu (8/6/2024).

Bahkan, ia dan rekan jastipnya sampai menginap di salah satu hotel dekat JCC. Hal itu dilakukan agar bisa bersiap lebih awal untuk berangkat ke lokasi.

"Kalau saya sih jadinya nginep di sekitaran biar pagi sudah bisa standby di sini. Karena kalau pulang malam juga lumayan jaraknya,” ujarnya.

Baca juga:

Buka sejak Covid-19

Adapun bisnis jastip milik Linda telah berkembang pesat sejak dua tahun yang lalu, terutama pada masa pandemi Covid-19. Linda mengungkapkan, pada masa tersebut bisnis jastip sedang marak-maraknya.

“Awal mulanya itu dulu, kurang lebih dua tahun lalu dan masih ada pandemi Covid-19 juga. Banyak orang yang enggak bisa belanja keluar dan terbatas juga. Pada saat itu juga jastip itu lagi ramai-ramainya,” jelas Linda.

Melalui akun Instagram jastipnya, Linda selalu memberikan informasi mengenai promo kepada khalayaka. Sehari sebelum berburu produk, Linda pasti mengumpulkan pesanan dari para pelanggan.

 
 
 
Sieh dir diesen Beitrag auf Instagram an
 
 
 

Ein Beitrag geteilt von KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com