Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Orangtua Bersikap Ketika Anak Diejek oleh Temannya

Kompas.com - 31/05/2017, 12:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Siapa pun tak akan suka jika diejek dengan sebutan atau julukan yang tidak mengenakkan. Namun, ejekan bisa dialami siapa saja, termasuk pada anak. Apa yang sebaiknya dilakukan orangtua ketika si buah hati mengadu karena ejekan teman-temannya?

Sebelum ikut emosi mendengar keluh kesah anak, tunjukkan empati Anda kepada anak dengan mendengarkan keluhannya dan tanyakan apa alasan teman-temannya mengejek. Misalnya, ketika si kecil diejek gendut atau jelek, tanyakan apakah menurutnya ejekan itu benar atau salah.

Agar kepercayaan diri anak tumbuh kembali, besarkan hati anak dengan menunjukkan kelebihan yang ia miliki, seperti sifatnya yang ramah, rajin belajar, atau pintar bernyanyi. Bila anak diejek karena bentuk fisiknya yang gemuk misalnya, ajak anak lebih aktif bergerak untuk membakar kelebihan lemak.

Orangtua sebaiknya tidak meremehkan ejekan yang diterima anak di sekolah atau lingkungan rumah karena hal itu bisa membuat kepercayaan diri anak jatuh dan menurunkan semangatnya untuk bersekolah atau berteman.

Anda juga berhak mengajak bicara teman-teman anak yang mengejek. Sebagai orang dewasa, tentu Anda perlu menunjukan kematangan dengan menasehati sesuai tingkat pemahaman anak.

Jika kejadiannya di sekolah dan hal ini membuat anak murung, sampaikan permasalahan ini kepada guru.

Tak ada salahnya jika Anda berbicara langsung dengan orangtua anak yang suka mengejek sebagai langkah pencegahan agar tidak berkembang menjadi lebih buruk. Walau respon orangtua anak tersebut belum tentu baik, tetapi paling tidak mereka mengetahui perilaku buruk anaknya sehingga bisa memberi nasihat agar sikapnya berubah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com