Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/06/2017, 11:35 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Magang merupakan sebuah kesempatan untuk mencicipi dunia kerja meski belum berstatus karyawan. Itu sebabnya, selama magang kita perlu menunjukkan inisiatif tinggi dan mau diajak bekerja sama sehingga ilmu yang didapat di bangku kuliah lebih berkembang.

Berminat untuk mencari tempat magang di perusahaan impian? Ketahui dulu apa saja tipsnya agar kesempatan diterima semakin besar.

- Kirim ke banyak perusahaan

Kirimkan aplikasi magang ke beberapa perusahaan, kalau bisa lebih dari 5 perusahaan agar peluang mendapatkan tempat yang terbaik makin besar.

- Tak harus sektor profit

Untuk memperluas pengalaman, cobalah melakukan magang di organisasi nonprofit (NGO).  Di Indonesia, jumlah organisasi nonprofit tak sedikit. Mereka bergerak di bidang kemanusiaan, sosial, kesehatan, dan lingkungan.

- Jaringan

Gunakan jaringan yang dimiliki, seperti keluarga, teman, tetangga, bahkan profesor di kampus. “Anda tidak pernah tahu siapa yang membantu Anda menghubungkan ke tempat magang,” kata Executive director of the Career Center di Hofstra University, Michelle Kyriakides.

- Kreatif

Anda harus memiliki kreativitas dan berpikir bahwa kemampuan Anda bisa berkaitan dengan pekerjaan di perusahaan mana pun. Misalnya saja, jika kuliah jurusan akuntansi, Anda bisa saja melakukan magang di perusahaan akuntan, bidang kesehatan, atau bahkan di perusahaan otomotif untuk melakukan pekerjaan terkait akuntansi.

- Think small

Di perusahaan besar, Anda mungkin satu dari 30—bahkan 300 orang peserta magang. Beda jika Anda di perusahaan kecil, Anda bisa jadi satu-satunya peserta magang di sana. Kesempatan untuk mendapat ilmu, supervisi, pelatihan dan interaksi dengan karyawan lain lebih besar.

- Gunakan media sosial

Gunakan tagar #Intern #Internship #Interns dan #SummerInternship di Twitter dan Instagram. Jangan lupa untuk unggah ke Linkedin. “Biarkan semua orang tahu Anda masih mencari tempat magang. Anda tidak pernah tahu siapa jaringan profesional yang juga terkoneksi dengan media sosial,” kata CEO InternQueen.com, Lauren Berger.

- Ketahui kemampuan

Persiapkan diri untuk menceritakan kemampuan Anda dalam 60 detik.  Kunjungi career center di universitas Anda “Pegawai (career center) mungkin bisa memberitahukan perusahaan mana yang masih merekrut (magang),” kata Steinfeld.

- Jadi relawan

Selain mengasah kemampuan dan pengalaman yang berbeda, Anda juga melakukan kebaikan, saat memilih untuk menjadi relawan dalam sebuah aksi sosial atau komunitas tertentu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com