Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketika Hari Kartini Pun Dirayakan di Kota Roma...

Tak kurang dari 300 orang memadati halaman gedung di mana kantor Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) berada.

Ternyata di tempat itu sedang digelar acara Festival Kuliner Indonesia, yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Acara yang digelar pada Kamis (19/4/2018) lalu itu diberi judul “Kampung Jajan Campania”.

Kelompok masyarakat yang terdiri dari pelajar, anggota asosiasi perempuan setempat, hingga korps diplomatik asing, terlihat antusias menikmati sajian khas Nusantara yang ditawarkan.

Ragam kuliner seperti nasi goreng, sate ayam, lontong kari, bakwan malang, dan coto Makassar disajikan.

Pertunjukan musik angklung kelompok La Campania asuhan Dharma Wanita Persatuan KBRI Roma juga menambah semarak suasana siang di musim semi yang mulai hangat itu.

“Acara ini menakjubkan, saya sangat menikmatinya," kata Gladys Morales.

Morales adalah warga Roma yang pernah tinggal di Jakarta beberapa tahun lalu.

"Ini seperti berada di sepotong kecil Indonesia, di tengah Kota Roma," sambung dia.

Hal senada diungkapkan Ivano Romano, seorang staf Kementerian Pertahanan Italia. Dia baru pertama kali mencicipi makanan Indonesia.

Romano mengaku tertarik dengan bakwan malang dan kue lapis legit yang disantapnya.

Perempuan Indonesia

Di antara keramaian itu, juga banyak terlihat warga Indonesia yang tinggal tak hanya di Roma, tapi juga Kota Turin dan Napoli.

Nampaknya, mereka datang untuk melepas kerinduan dengan makanan khas Tanah Air, sambil bersilaturahmi dengan warga Indonesia lainnya. 

Sejalan dengan tema peringatan Hari Kartini, dalam acara ini juga diputar video dengan narasi dalam bahasa Italia yang menjelaskan siapa perempuan kelahiran Jepara, Jawa Tengah, tahun 1879 itu.

Sejumlah tamu asing yang memperhatikan presentasi itu lalu mengungkapkan kekaguman mereka atas figur Kartini yang telah menginspirasi perempuan Indonesia.

Narasi yang menyebutkan Indonesia pernah dipimpin oleh perempuan Presiden pun mendapatkan reaksi yang hangat dari pengunjung.

Beberapa di antara mereka menyatakan, hal tersebut mengindikasikan perempuan Indonesia telah banyak berperan nyata dalam pembangunan bangsa.

Kegiatan ini memperoleh banyak pujian dari para tamu asing yang hadir.

Perpaduan promosi kuliner dan aspek sosial budaya masyarakat Indonesia terlihat membuat warga Italia tertarik untuk mengenal Indonesia lebih dekat.

Berbagai tagar seperti #Indonesia_Paradise atau #WonderfulIndonesia disertai ungkapan apresiasi ramai menghiasi media sosial yang mendokumentasikan acara itu.

Kesempatan berfoto dengan kostum tradisional pun tidak dilewatkan para pengunjung. Mereka umumnya mengaku kagum dengan keragaman budaya Indonesia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/21/073149820/ketika-hari-kartini-pun-dirayakan-di-kota-roma

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke