Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Langkah Melindungi Rambut dari Kerusakan karena Sinar Matahari

KOMPAS.com - Bila bicara soal perlindungan terhadap sinar matahari, orang biasanya fokus pada kulit dan tidak menaruh perhatian pada rambut.

Padahal rambut juga mengalami kerusakan dan rapuh setelah terpapar matahari. Helainya menjadi kering, gampang patah, dan susah diatur.

Seringkali, rambut hitam yang terlalu sering terpapar sinar matahari akan menjadi lebih pudar warnanya.

Bagi sebagian orang warna pudar ini dianggap keren. Namun, kondisi tersebut adalah tanda rambut kita terbakar sehingga mengalami dekolorisasi dan dehidrasi.

Untungnya, folikel rambut di balik permukaan kulit kepala cukup dalam, sehingga tidak akan rusak akibat terbakarnya kulit kepala karena sinar matahari.

Meski terpapar sinar matahari, sel rambut sehat akan terus diproduksi.

Mencegah kerusakan rambut karena paparan matahari

Sehingga, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan rambut dan kulit kepala karena paparan sinar matahari. Di antaranya:

1. Menggunakan krim styling dengan pelindung ultraviolet

Beberapa produk styling cream memiliki fungsi ganda yang juga mampu melindungi rambut dari sinar ultraviolet.

Bisa dikatakan, produk ini seperti tabir surya khusus tambut yang mampu menangkal sinar ultraviolet dan pelindung warna jika kita mewarnai rambut.

2. Menggunakan topi

Salah satu cara terbaik melindungi rambut dan kulit kepala dari paparan sinar matahari adalah melindunginya dengan topi.

Jika ingin menutupi lebih luas, kita bisa memilih topi dengan ukuran cukup lebar.

Penggunaan topi juga bisa menjadi langkah pencegahan sebelum rambutmu rusak karena paparan sinar matahari langsung.

Jika begitu, maka kamu perlu mengaplikasikan tabir surya di bagian atasnya.

Kamu bisa meminimalisasi efek lepek di rambut dengan mengaplikasikannya spray tabir surya di bagian rambut yang menipis di mana kulit kepala sedikit terlihat.

Semprotkan kemudian pijat ringan hingga ke akar, mirip seperti penggunaan dry shampoo.

4. Menggunakan masker rambut

Langkah ini merupakan langkah perbaikan jika rambutmu sudah rusak karena paparan sinar matahari.

Banyak orang menggunakan masker wajah untuk membersihkan pori-pori wajah dan kompleksitas wajah. Hal serupa bisa dilakukan dengan rambut.

Masker rambut mampu menutrisi dan menjaga batang rambut tetap lembab. Kondisi rambut sehat akan menimbulkan kilauan rambut yang alami dan mudah diatur.

Cara pengaplikasiannya, bersihkan rambut yang terpapar matahari dengan sampo. Setelah dibilas bersih, aplikasikan masker rambut sekitar 2-3 menit sebelum membilasnya.

Ini juga merupakan kebiasaan baik sehingga rambut yang baru tumbuh juga mendapat perlindungan agar tak rusak karena paparan sinar matahari.

5. Menggunakan kondisioner

Jangan pernah melewatkan conditioner, kecuali kamu menggunakan masker rambut. Rambut kita membutuhkan nutrisi dan pelembab. Sampo akan membersihkan semuanya, itulah mengapa tahapan pengaplikasian conditioner selalu dilakukan setelah memakai sampo.

Rambut akan menyerap vitamin dan protein yang terkandung di dalam kondisioner. Ini juga menjadi alasan mengapa kita tak disarankan mencampurkan sampo dan kondisioner.

6. Menggunakan sampo secukupnya

Gunakanlah sampo dengan jumlah yang dibutuhkan, bahkan sedikit. Sebab, rambut kita tidak berada dalam kondisi yang terlalu kotor di keseharian.

Kita bisa mengurangi sampo kita setengah dari takaran penggunaan biasanya, atau sepertiganya. Setelah itu, mengaplikasikan conditioner.

Melakukan langkah ini pada rambut yang rusak karena paparan sinar matahari akan mempertahankan minyak alami di rambut. Hal ini akan membuat rambut lebih terpelihara.

Menggunakan terlalu banyak sampo justru akan meningkatkan risiko kering pada kulit kepala yang iritasi. Itulah mengapa penggunaan sampo khusus rambut terbakar juga dianjurkan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/23/072312220/6-langkah-melindungi-rambut-dari-kerusakan-karena-sinar-matahari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke