Salin Artikel

Mau Jerawat Lekas Hilang? Intip 3 Kiat Ampuh Ini

KOMPAS.com - Hampir semua orang mungkin pernah punya jerawat. Sebenarnya, jerawat adalah kondisi kulit yang meradang akibat kelenjar sebacous (kelenjar minyak) terinfeksi oleh bakteri, sehingga membengkak, dan terisi oleh kotoran.

Banyak krim dan obat di pasaran yang dapat menyembuhkan jerawat, tetapi semua produk ini butuh waktu. Padahal, ada banyak metode alami yang efektif untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Apa sajakah?

1. Pakai tea tree oil

Minyak ini terkenal karena kandungan di dalamnya yang bisa melawan bakteri dan mengurangi peradangan di kulit. Tea tree oil secara khusus bisa menghilangkan jerawat dengan cepat karena bisa membantu melawan bakteri penyebab jerawat seperti P. acnes dan S. epidermidis.

Dikutip dari Healthline, sebuah studi menemukan bahwa 5 persen gel di minyak pohon teh hampir empat kali lebih efektif dalam mengurangi jerawat dan hampir enam kali lebih efektif dalam mengurangi peradangan pada jerawat dibanding obat-obatan.

Sedangkan dalam penelitian lain, gel yang mengandung 5 persen minyak pohon teh terbukti sama efektifnya dalam mengurangi jerawat, sebanding dengan keampuhan obat jerawat yang mengandung 5% benzoyl peroxide.

Cara menghilangkan jerawat dengan tea tree oil:

  • Campurkan satu tetes tea tree oil dengan 9 tetes air.
  • Celupkan kapas ke dalam campuran dan oleskan langsung ke jerawat.
  • Setelahnya, kamu juga bisa mengoleskan pelembab
  • Ulangi proses ini satu hingga dua kali per hari, sesuai kebutuhan.

2. Pakai teh hijau

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang diketahui dapat membantu melawan peradangan dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Teh hijau juga terkenal tinggi kandungan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang telah terbukti dapat melawan peradangan, mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes pada orang dengan kulit berjerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat pakai teh hijau

  • Rebus teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit.
  • Biarkan teh menjadi dingin.
  • Oleskan ke wajah dengan kapas atau semprot teh hijau ke wajah menggunakan botol semprot.
  • Biarkan selama 10 menit atau semalam, lalu bilas wajah dengan air.
  • Lakukan 1–2 kali per hari, sesuai kebutuhan. Teh ini dapat disimpan di kulkas hingga dua minggu.

3. Pakai lidah buaya

Tanaman ini juga mengandung lupeol, asam salisilat, nitrogen urea, asam cinnamonic, fenol dan sulfur. Semua kandungan tersebut dapat menghambat bakteri yang dapat menyebabkan jerawat

Selain sebagai cara menghilangkan jerawat dengan cepat, lidah buaya juga dapat digunakan untuk berbagai kondisi kulit termasuk psoriasis, ruam, dan luka bakar.

Sebuah studi menemukan bahwa menggunakan gel lidah buaya dengan krim tretinoin dirasa lebih efektif dalam membersihkan jerawat daripada hanya menggunakan krim tretinoin saja. Krim tretinoin adalah obat jerawat yang berasal dari vitamin A (21).

Cara menggunakan lidah buaya untuk jerawat:

  • Ambil gel lidah buaya
  • Oleskan gel pada kulit bersamaan dengan krim perawatan jerawat lainnya.
  • Ulangi 1–2 kali per hari, sesuai keinginan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/08/01/105722320/mau-jerawat-lekas-hilang-intip-3-kiat-ampuh-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.