Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bikin Hati Senang dengan 5 Olahraga Ini

KOMPAS.com - Ternyata olahraga bisa bikin bahagia dan senang lho! Ya, olahraga rutin bisa jadi salah satu solusi untuk meningkatkan mood dan memperbaiki suasana hati. Dengan olahraga, kita lebih bisa meredam dan mengelola emosi.

Ketika berolahraga, otak akan melepaskan endorfin, adrenalin, serotonin, dan dopamin. Semua bahan kimia otak ini akan bekerja sama untuk membuat tubuh merasa lebih baik, sehingga kita akan merasa lebih tenang, nyaman, dan bahagia.

Sebenarnya semua olahraga bisa membuat kita lebih gembira. Namun 5 olahraga ini diyakini bisa lebih cepat memperbaiki suasana hati:

1. Yoga

Melalui gerakan dan cara bernapas yang teratur dalam gerakan yoga, secara alami yoga akan mencairkan suasana hati dan membiarkan kekhawatiran yang kamu rasakan semakin berkurang.

Menurut Norman E Rosenthal, MD seorang dosen psikiatri di Georgetown University School of Medicine di Washington, yoga memiliki efek antidepresan yang luar biasa karena olahraga ini bukan hanya meningkatkan kelenturan tetapi juga meningkatkan kesadaran sehingga bisa mengurangi pikiran negatif.

2. Jalan santai

Berjalan merupakan kategori aktivitas fisik tingkat sedang yang bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Berjalan hanya beberapa menit dapat menenangkan saraf-saraf yang pada akhirnya meningkatkan mood lebih baik, terutama jika berjalan di luar ruangan.

Berjalan juga mampu menurunkan tingkat stres, menurunkan kecemasan, bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika ingin menenangkan diri sendiri, kamu bisa berjalan sendiri. Namun jika merasa terlalu sepi, ajak teman untuk berjalan-jalan selama beberapa menit sambil bercengkrama sepanjang jalan.

3. Tai chi

Dilansir dalam laman Livestrong, Taichi juga dapat meningkatkan kualitas tidur, menurunkan tingkat stres dan meningkatkan ketenangan. Semua manfaatnya ini dapat membantu meningkatkan mood yang sedang kacau.

4. Bersepeda

Bersepeda membantu meningkatkan kadar endorfin yang memicu timbulnya perasaan senang, dan memberi waktu untuk berpikir jernih sehingga dapat mengendalikan stres lebih baik. Ajaklah teman terdekat untuk pergi bersepeda agar suasana semakin menyenangkan.

5. Senam aerobik

Senam ini termasuk olahraga aerobik yang melibatkan musik sehingga membuat suasana olahraga jadi lebih menyenangkan.

Olahraga aerobik pada dasarnya memang jadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan endorfin, serotonin, dopamin, zat kimia otak yang bantu membangkitkan rasa senang. Ditambah lagi dengan iringan musik, ini akan membangkitkan suasana semakin menyenangkan.

Bukan hanya itu, jika dilakukan bersama-sama olahraga ini juga memberikan kesempatan untuk saling berinteraksi satu sama lain. Interaksi sosial juga bisa jadi obat untuk meningkatkan suasana hati yang sedang kacau.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/11/19/150737920/bikin-hati-senang-dengan-5-olahraga-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke